Jumat, 19 April 2024

Diinisiasi Pengusaha, Surabaya Bakal Punya Komunitas Pilot dan Pemilik Pesawat

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Eko Rohmad Ferdiansyah (tengah) Steering Committee sekasligus penggagas SAC dan beberapa anggota komunitas. Foto: Istimewa.

Kota Surabaya bakal memiliki komunitas baru. Surabaya Aero Club namanya. Komunitas bagi para pehobi menerbangkan pesawat atau pilot sekaligus para pemilik pesawat terbang. Baik pesawat tipe ringan microlight atau ultralight. Hingga pesawat bermesin tunggal atau singleengine seperti Cessna dan sejenisnya.

Komunitas ini diinisiasi oleh beberapa pengusaha muda Surabaya yang sangat menggemari olahraga terbang. Mereka adalah Wilson Tirta (pemilik perusahaan Kuweh Surabaya dan Bober Cafe), Tom Liwafa (pemilik perusahaan Handmadeshoesby), dan Luxie Diandra (pemilik perusahaan Jewelery)

Sudah sejak beberapa tahun terakhir ini, para pengusaha muda ini menggandrungi hobi menerbangkan pesawat. Bahkan, sudah ada pula yang telah membeli pesawat. Wilson Tirta, misalnya. Dia telah membeli pesawat jenis Cessna 206 tahun rakit 2008. Dengan harga 3,5 M. Sementara Luxie Diandra telah memiliki pesawat Cessna 152 produksi tahun 1984.

Berawal dari sering bertemu karena memiliki hobi yang sama inilah kemudian tercetuslah niat dari mereka untuk mendirikan Surabaya Aero Club.

“Di Jawa Timur belum ada komunitas seperti ini. Kalau di Yogjakarta, Bandung, dan Jakarta sudah ada. Bedanya, kalau di Yogjakarta inisiatornya dari kalangan militer. Sedangkan Bandung dan Jakarta dari kalangan atlet. Nah, di Surabaya inisiatornya justru dari kalangan pengusaha muda,” ujar Eko Rohmat Ferdiansyah salah seorang inisiator Surabaya Aero Club, Kamis (9/7/2020) di hangar Merpati Training Center, Juanda, Sidoarjo.

Secara resmi, lanjut pria yang akrab disapa Captaint Eko ini, Surabaya Aero Club akan diperkenalkan kepada publik pada acara gala dinnerpada hari Rabu, tanggal 15 Juli di Whyndam Hotel Surabaya.

“Saya dan beberapa pengusaha muda lainnya beberapa waktu terakhir ini berperan sebagai steering commiitte untuk terbentuknya susunan pengurus komunitas ini (Surabaya Aero Club),” lanjutnya.

Tercatat sudah ada 30 orang calon anggota Surabaya Aero Club. Kebanyakan dari latar belakang pengusaha muda Surabaya yang punya passion terhadap dunia dirgantara. Komunitas yang baru terbentuk ini menargetkan, bakal membeli 10 unit pesawat lagi dalam waktu dekat ini.

Menurut dia, rencananya Marsma TNI Andi Wijaya Ketua Umum FASI (FederasiAerosport Indonesia) Provinsi Jawa Timur, bakal hadir padamomen bersejarah tersebut.  Komandan Lanud Abdulrachman Saleh itu juga sangat mendukung lahirnya Surabaya Aero Club. Apalagi, komunitas ini diinisiasi oleh para pengusaha muda dari kalangan sipil.

Selain menjadi stimulus untuk lebih banyak melahirkan para atlet aerosports dari kalangan pengusaha dan masyarakat umum. Eksistensi Surabaya Aero Club ini nantinya diharapkan dapat memberi dampak positif lainnya. Seperti menggiatkan sektor pariwisata melalui berbagai event dirgantara skala nasional maupun internasional.

“Negara kita ini dianugarahi landscape yang luar biasa. Sayangnya, pemerintah hingga kini belum menyentuhnya. Padahal, kalau digarap serius bisa mendatangkan banyak devisa. Sebut saja seperti menyelenggarakan event internasional Flying Bromo, dengan peserta para penerbang dari luar negeri. Berapa banyak turis yang datang dan akan menggerakkan roda perekonomian dari sektor pariwisata?” sebut Wilson Tirta.

Dampak positif lainnya dengan lahirnya komunitas Surabaya Aero Club, harap Luxie Diandra, adalah bermunculan para pilot dengan kecakapan menerbangkan pesawat yang mumpuni dan bersertifikat dari kalangan sipil. Termasuk pula ketersediaan pesawat-pesawat milik pribadi. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk aksi sosial. Semisal ada kondisi bencana alam.

“Pesawat Cessna misalnya, sangat reliable untuk menjangkau pulau-pulau kecil yang mungkin saja belum memiliki landasan pacu memadai. Tidak butuh landasan pacu yang panjang. Juga tidak harus beraspal. Jadi, misalkan ada kondisi bencana, tentunya para anggota komunitas kami nantinya bisa ikut berkontribusi sebagai pilot sekaligus meminjamkan pesawat miliknya untuk kegiatan sosial,” terang Tom Liwafa.

Lahirnya komunitas Surabaya Aero Club ini juga direspons positif oleh Tommi Haditya, Chief Instruktor dari Merpati Training Center (MTC).

“Tentu kami sangat mendukung lahirnya komunitas Surabaya Aero Club ini. Dan siap berkolaborasi untuk mengembangkan minat masyarakat terhadap olahraga kedirgantaraan. Lagipula, fasilitas seperti yang kami miliki ini kan tidak selalu ada di setiap kota. Tentu sangat klop, karena MTC ada di Surabaya. Sedangkan anggota komunitas ini (Surabaya Aero Club) pastinya mereka yang menetap di Surabaya. Jadi tidak perlu jauh-jauh keluar kota kalau ada anggota baru yang mau belajar menjadi pilot,” kata Tommi Haditya. (bid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs