Sabtu, 20 April 2024

Dubes Azerbaijan Suka Nasi Goreng dan Rendang

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jalal Mirzayev Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Azerbaijan untuk Indonesia. Foto: Istimewa

Beragam bentuk budaya, seni, dan sajian kuliner khas Indonesia terkenal sampai ke berbagai belahan dunia. Mereka yang pernah menginjakkan kaki ke Indonesia pasti menikmatinya.

Warga negara asing yang sekadar singgah sebagai turis, atau tinggal cukup lama dalam rangka tugas, mereka akan terikat dengan ketiga hal itu. Terutama sajian kuliner favorit mereka.

Itu yang dialami Jalal Mirzayev Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Azerbaijan untuk Indonesia. Dia masuk daftar diplomat asing yang menggemari kuliner Indonesia.

Nasi Goreng dan Rendang adalah beberapa di antara sejumlah makanan asli Indonesia kesukaannya.

“Nasi Goreng. Saya juga suka Sate Ayam, Ayam Bakar, dan Rendang,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, dalam wawancara khusus di Kantor Kedubes Azerbaijan, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (19/6/2020).

Sejak bertugas di Indonesia, September 2019, pemilik nama lengkap Jalal Sabir Oglu Mirzayev itu menyadari, ada begitu banyak ragam suku dan budaya di Indonesia.

“Indonesia kaya budaya. Kita bisa melihat begitu banyak kebudayaan di Indonesia. Setiap daerah punya budaya yang berbeda-beda,” katanya.

Selain makanan, Jalal yang pernah bertugas mewakili Azerbaijan di Belanda dan Malaysia juga mengatakan suka kesenian asal Indonesia.

“Budaya Indonesia yang unik sangat menarik. Saya suka musik dan juga tarian khas Indonesia,” ungkapnya.(rid/den/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs