Jumat, 23 April 2021

JFF Plus, Digelar Online Sajikan Lebih dari 25 Film Berbagai Genre

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Japan Film Festival (JFF). Foto: Istimewa

Gelaran JFF Plus: Online Festival di Indonesia sudah semakin dekat. Japan Film Festival (JFF) tahun ini dijadwalkan mulai digelar pada 4 Desember sampai 13 Desember 2020. Lebih dari 25 judul film berbagai genre akan ditayangkan secara daring dan gratis bagi para penikmat film Jepang di seluruh Indonesia.

Selain pemutaran film daring, berbagai acara menarik juga akan dilaksanakan selama gelaran festival berlangsung seperti diskusi daring, workshop bersama filmmaker, serta acara interaktif lainnya.

Ragam kategori film tahun ini menjadi highlight bagi penonton dalam menentukan film apa saja yang bisa dinikmati. Film-film di JFF Plus: Online Festival terbagi dalam beberapa kategori.

Selain pemutaran film, turut dilaksanakan diskusi maupun workshop terkait film yang akan diadakan secara daring dan dapat diikuti oleh para sahabat JFF di Indonesia dengan pendaftaran terlebih dahulu.

Klub Yukitanonton – Gizi Sinema Yasujiro Ozu, dijadwalkan digelar Sabtu, 5 Desember 2020, dengan menghadirkan pembicara Forum Lenteng. Juga hadir Dari Tsukiji sampai Paotere’: Orang-orang dan Dokumenter, yang dihadirkan pada Sabtu, 12 Desember 2020, dengan pembicara Ima Puspita Sari (sineas film dokumenter), Anwar Rachman (peneliti, kurator seni) dengan dimoderatori Weny Mukaddas (Kinotika).

Diskusi yang akan membahas pasar ikan Tsukiji di Tokyo dan pasar ikan Paotere di Makassar dalam kaitannya dengan film dokumenter yang membungkus keunikan manusia, emosi dan lingkungan di dalamnya.

Workshop Membuat Film Stop Motion untuk anak usia 9 tahun hingga 13 tahun itu menghadirkan tutor Najam Yardo yang akan mengupas seluk-beluk film stop motion dan cara pembuatannya, dengan memanfaatkan perlatan sederhana yang ada di sekitar kita.

Sebagai contoh dan perkenalan, peserta dapat belajar dari film-film Takeshi Yashiro yang ada pada festival tahun 2020 kali ini.

Ada juga sesi Conversation with Directors, yang merupakan sesi bincang-bincang antara Mark Schilling, kritikus senior The Japan Times bersama para sutradara Jepang diantaranya Yashiro Takeshi (sutradara film GON, The Little Fox), Okita Shuichi (sutradara film A Story of Yonosuke), Soda Kazuhiro (sutradara film Peace), Imaizumi Rikiya (sutradara film Little Night, Little Love) dan Shiraishi Kazuya (sutradara film One Night) yang dapat disaksikan melalui website JFF Plus: Online Festival.

Pembukaan JFF Plus: Online Festival di Indonesia akan dilaksanakan secara daring pada 3 Desember 2020 pukul 18:45 WIB. Pembukaan direncanakan akan dihadiri oleh H.E. ISHII Masafumi selaku Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Mr. Konomi Masafumi selaku Producer JFF / JFF Plus, dan Mr. Takahashi Yuichi selaku Director General The Japan Foundation, Jakarta.(tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Truk di Sembayat

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Surabaya
Jumat, 23 April 2021
31o
Kurs