Jumat, 29 Maret 2024

Komunitas Jaguar Membuka Camp Ground Baru Menuju Gunung Arjuno

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Komunitas Jelajah Gunung Arjuno (Jaguar) telah membuka camping ground baru di Bukit Glagah Wangi, Desa Sumber Gondo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Foto: Komunitas Jaguar

Komunitas Jelajah Gunung Arjuno (Jaguar) yang merupakan bagian dari SuperAdventure Surabaya telah membuka camping ground baru di Bukit Glagah Wangi, Desa Sumber Gondo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Camp ground ini diharapkan menjadi pintu masuk dibukanya jalur pendakian baru menuju Gunung Arjuno yang memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut (MPDL).

Efendi Ketua Glagah Wangi mengatakan camp ground yang dibangun Komunitas Jaguar baru dibuka setahun terakhir. Tanah lapang seluas 8 hektare ini secara bertahap mulai dibabat oleh puluhan anggota Jaguar untuk bumi perkemahan bagi masyarakat umum.

“Perlu waktu berbulan-bulan untuk membuat camp ground ini. Alhamdulillah, hasilnya positif. Banyak pendaki, serta kalangan pelajar yang bermalam di sana,” ujarnya.

“Lokasi Bukit Glagah Wangi ini sangat strategis, kita bisa lihat penampakan secara utuh Gunung Arjuno Welirang. Kalau malam kita juga bisa melihat pemandangan jutaan lampu Kota Batu dan Malang yang indah dari ketinggian 1.400 MDPL,” katanya didampingi Sampur Budi Ketua Harian Jaguar dan Agus Purnomo Penasehat Jaguar, dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Senin (30/11/2020).

Untuk bermalam di sini tidak dipungut biaya. Pendaki hanya perlu mengganti biaya tenda, makanan, termasuk pengapian seperti kayu bakar, dan jagung serta hasil bumi desa setempat. Semua fasilitas itu hanya perlu ditebus dengan harga puluhan ribu rupiah saja.

Bahkan, saat panen sayur seperti wortel dan kol melimpah, pengunjung akan diberi gratis sebagai oleh-oleh.

Komunitas Jaguar bagian dari SuperAdventure Surabaya telah membuka camping ground baru di Bukit Glagah Wangi, Desa Sumber Gondo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Ini saat tampak pada pagi hari. Foto: Komunitas Jaguar

“Kami juga menyediakan wisata edukasi. Jadi kalau ada family camp yang bawa anak-anak kami dampingi. Kami edukasi karena banyak satwa, serta tanaman langka berkasiat herbal, seperti akar wangi, srenggani, ciplukan, dan banyak lainnya,” ungkap Efendi.

Sepanjang jalur pendakian Desa Sumber Gondo menuju bukit tempat camp, mata pendaki akan dimanjakan dengan kebun apel, kebun jeruk, bahkan kebun edelweiss atau bunga abadi. Pemandangan terasering juga banyak dijumpai di sepanjang jalur ini. Jaguar juga menyiapkan wisata petik apel.

Faris Affandy Sobat SuperAdventure Surabaya mengatakan SuperAdventure mendorong agar Jaguar makin produktif, kreatif, serta menjaga lingkungan tetap lestari.

“Pekan lalu kami menggelar konser alam di sana hasil kolaborasi @uprisesurabaya.official dan @rockinsurabaya. Kami bawa pendaki ke sana, sambutannya positif, karena memang alamnya bagus, ditunjang kawasan hutan yang masih tetap lestari,” ungkapnya.

Sementara itu Affan Haris Shofwanadi Koordinator Sobat SuperAdventure Surabaya, sangat mendukung upaya yang dilakukan komunitas seperti misalnya menggelar pelatihan secara kontinyu manajemen pendakian yang diisi dari Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI). (ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs