Jumat, 19 April 2024

Partisipasi Sineas Wanita di FFI 2020 Meningkat

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Festival Film Indonesia 2020.

Nia Dinata Komite Penjurian dan Seleksi Festival Film Indonesia (FFI) 2020 mengungkapkan partisipasi sineas wanita dalam ajang penghargaan bergengsi bagi insan perfilman Indonesia tahun ini meningkat.

“Di tengah pandemi ini ternyata Indonesia mungkin satu-satunya negara karena saya bandingkan dengan EMI Awards 2020, saya sangat gembira karena representasi gender di perfilman Indonesia luar biasa,” kata Nia Dinata dalam jumpa pers FFI 2020, yang dilansir Antara, Sabtu (5/12/2020).

Nia Dinata mengatakan ada 45 orang sineas wanita yang masuk sebagai nomine dalam penyelenggaraan FFI 2020 atau 40 persen dari total keseluruhan nomine.

“Ini pencapaian besar dalam film Indonesia,” ujar Nia Dinata.

Sementara itu, Lukman Sardi Ketua Komite FFI 2020 mengatakan penyelenggaraan tahun ini sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya akibat adanya pandemi Covid-19.

“Kita tahu bahwa FFI tahun ini masuk ke masa luar biasa di mana tiba-tiba terjadi pandemi. Tapi bukan berarti membuat komite putus asa tidak berbuat apa-apa,” kata Lukman Sardi.

Lukman menambahkan bahwa penyelenggaraan FFI tahun ini juga sebagai upaya untuk memberikan semangat bagi para sineas yang terdampak pandemi.

“Bersama-sama kita berupaya menyelenggarakan FFI. Sebagai bentuk apresiasi kepada sineas Indonesia, kita memberikan semangat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hilmar Farid Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud memberikan apresiasi kepada penyelenggaraan FFI 2020 yang menjalankan protokol kesehatan ketat.

Hilmar memahami bahwa para pelaku industri film terkena imbas dari pandemi Covid-19 yang membuat produksi terpaksa harus terhenti.

Untuk itu, Hilmar mengatakan bahwa pemerintah akan terus berupaya untuk berkomunikasi dengan pelaku industri film agar tetap bisa berkreasi di masa pandemi.

“Saya kira bukan hanya Indonesia yang mengalami tapi juga global. Mau enggak mau kita terus komunikasi dengan teman film bagaimana mengatasi ini karena tidak ada yang punya jurus jitu,” ujar dia.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs