Kamis, 24 September 2020

Perbanyak Buah dan Sayur untuk Tingkatkan Imun Selama Puasa

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Salad, makanan yang terdiri dari berbagai campuran sayur, buah, ataupun biji-bijian. Foto: livekindly.co

dr Agus Ali Fauzi Ketua Tim PHBS RSUD dr. Soetomo Surabaya menyarankan umat muslim memperbanyak konsumsi buah dan sayur selama menjalankan puasa Ramadan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terlebih di tengah wabah pandemi Covid-19.

Menurutnya, saat berpuasa orang tidak hanya membutuhkan nutrisi makro seperti karbohidrat, lemak dan protein saja, tetapi juga nutrisi mikro seperti mineral yang ada di sayur dan buah-buahan dan vitamin. Ini dikarenakan mineral menjadi zat yang paling berpengaruh bagi daya tahan tubuh.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengonsumsi vitamin B atau vitamin C untuk melengkapi pola makan yang sehat selama bulan puasa.

“Vitamin dan mineral ini penting karena langsung ke sel-sel daya tahan tubuh. Makanya banyak di sayur dan buah-buahan, Mineral dibutuhkan tubuh 5% dan vitamin 1%. Bagi yang mampu silahkan ditambah vitamin B atau vitamin C,” kata dr Agus kepada Radio Suara Surabaya, Kamis (23/4/2020).

Selain menjadi dokter di Poli Paliatif dan Bebas Nyeri, pria yang juga merupakan penceramah ini juga menyarankan agar masyarakat dapat ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa. Terlebih dengan adanya wabah Covid-19, kegiatan menjadi lebih terbatasi dan semua ibadah harus dilakukan di rumah.

Menurutnya, semua itu harus diterima dengan ikhlas tanpa ada kekhawatiran berlebihan. Sehingga pola pikir demikian dapat membentuk suatu energi positif di dalam tubuh.

Ia mengatakan dengan perasaan ikhlas dan legowo secara tidak langsung membuat imun tubuh meningkat karena perasaan yang selalu bahagia.

“Syaratnya ikhlas, kalau bahasa psikologinya accepted (menerima). Itu daya tahan tubuh semakin meningkat karena dengan berfikiran positif dan berusaha bahagia dan membahagiakan orang lain, maka tidak akan ada kekhawatiran,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan, karena wabah Covid-19 membuat banyak orang mengalami kesulitan secara ekonomi, dr. Agus mengatakan sudah saatnya bulan ramadhan kali ini dimanfaatkan untuk saling menolong sesama.

Terlebih lagi banyak masyarakat yang terkena dampak secara finansial terkait wabah virus Covid-19.

Maka dari itu dengan bersedekah, lanjutnya, diharapkan kepedulian masyarakat terhadap sesama dapat meningkat sehingga meningkatkan semangat tolong menolong antar sesama di tengah masa sulit seperti sekarang.(tin/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Radityo Jufriansah

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Kamis, 24 September 2020
28o
Kurs