Jumat, 29 Maret 2024

Ragam Kopi Indonesia Terkenal di antara Para Pecinta Kopi di Selandia Baru

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Tantowi Yahya Duta Besar Selandia Baru (paling kanan) dalam acara “Coffee Tasting” yang mempertemukan para Kiwi pecinta kopi ragam dengan aneka ragam kopi Indonesia. Foto: Istimewa

Kebiasaan minum kopi diantara Kiwi, sebutan penduduk Selandia Baru, telah dikenal di seluruh dunia. Namun siapa sangka kopi Indonesia ternyata merupakan kopi favorit para Kiwi saat ini.

Hal ini terungkap dalam acara “Coffee Tasting” yang mempertemukan para Kiwi pecinta kopi ragam dengan aneka ragam kopi Indonesia.

Terdapat 17 (tujuh belas) sampel biji kopi yang tersajikan dari seluruh nusantara antara lain dari Aceh, Sumatera Utara, Bali, Sulawesi, Jawa Barat, dan Sumbawa.

“Harapan saya dengan mencicipi kopi ini, kalian semua bisa lebih memahami tentang kualitas dan ragam kopi Indonesia, sehingga kedepannya nanti kopi Indonesia bisa lebih berperan dalam Budaya Kopi Selandia Baru.” kata Tantowi Yahya Duta Besar Selandia Baru saat memberikan pidato pembukaan Indonesian Coffee Tasting seperti dalam keterangan tertulisnya yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (10/12/2020)

KBRI Wellington berkolaborasi dengan Ripe Coffee salah satu perusahan coffee roaster di Selandia Baru untuk mengadakan “Indonesian coffee tasting” dan mengundang tidak hanya penikmat kopi namun juga para pemilik bisnis kafe di Wellington.

Ripe Coffee seringkali bekerjasama untuk mengimpor kopi Indonesia ke Selandia Baru dan menjualnya dalam bentuk single origin seperti kopi dari Sulawesi Selatan, Sumatra Gayo, dan Dataran Tinggi Kerinci Provinsi Jambi yang disajikan pada acara tersebut.

Jason Hall pemilik sekaligus Direktur Ripe Coffee, menyatakan bahwa kopi Indonesia memiliki kualitas yang bagus dan digemari oleh penikmat kopi di Selandia Baru, untuk itu acara ini sangat bagus sekali untuk memberikan mereka kesempatan lebih banyak lagi dalam mengeksplor beragam kopi.

Sebagian besar Kiwi adalah pecinta kopi yang mengonsumsi sekitar 2,5 cangkir kopi setiap harinya. Beberapa dari mereka secara khusus hanya mengonsumsi kopi dengan kualitas kelas atas seperti biji arabika dimana Indonesia banyak memproduksi biji kopi arabika berkualitas tinggi di seluruh nusantara.

Kopi Indonesia terkenal dengan fitur lembutnya, keasaman rendah, dan rasa eksotis “aftertaste” yang intens serta kekayaan rasa natural. Disamping itu, kopi dapat menjadi potensi ekspor yang menjanjikan apalagi dengan kualitas kopi Indonesia yang terkenal di Selandia Baru.

Meningkatnya ekspor kopi Indonesia ke Selandia Baru merupakan salah satu misi utama yang dikejar oleh KBRI Wellington. Kopi diharapkan dapat berkontribusi besar dalam merealisasikan target perdagangan RP 40 triliun pada tahun 2024 mendatang.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs