Senin, 22 April 2024

Bahari dan Kuliner, Daya Tarik Utama Likupang sebagai Destinasi Super Prioritas

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Salah satu destinasi wisata di Likupang, Sulawesi Utara. Foto: Antara

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan ada banyak daya tarik dari Likupang, Sulawesi Utara, salah satu Destinasi Super Prioritas yang ditetapkan pemerintah.

Likupang, kata Sandi, adalah salah satu tujuan wisata favorit untuk wisatawan China, karena perjalanan dari destinasi paling Selatan di kota besar China menuju Likupang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 3,5 jam.

“Sudah jadi destinasi favorit mereka karena punya wisata bahari, bisa juga dikembangkan minat khusus seperti wisata olahraga, sepeda, triatlon, maraton,” kata Sandiaga dalam Live Instagram dikutip Antara, Minggu (27/6/2021).

Tak hanya punya alam yang menarik untuk jadi wisata olahraga serta wisata bahari, penyuka makanan lezat juga bisa bersenang-senang di kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara karena ada banyak pilihan makanan yang bisa dicicipi.

“Likupang kulinernya enak banget, makanan Manado sangat membuat kangen, ayam rica-rica, ikan woku, ikan kelas dunia,” puji dia.

Kuliner Sulawesi Utara yang bisa dinikmati selain itu antara lain bubur tinutuan yang mengenyangkan karena berisi aneka sayur seperti bayam, kangkung, kemangi, ubi, labu hingga pipilan jagung.

Ada pula Pisang Goroho yang serupa keripik pisang dan dicocol dengan Sambal Roa, bisa disantap bersama secangkir kopi atau teh.

Wisatawan yang berkunjung ke Likupang pun bisa menikmati kudapan serupa pastel bernama Panada, terdiri dari roti goreng dengan isian ikan cakalang suwir.

Dengan jarak tempuh dua jam perjalanan mobil dari Manado, ada banyak pantai eksotis yang dapat menjadi pilihan di Likupang.

Baik pantai dan Bukit Pulisan, Pantai Paal, Pantai Lihaga, hingga Pulau Gangga.

Saat berkunjung ke Likupang pada Maret 2021, Sandiaga sempat menjajal olahraga Aquathlon (renang dan lari) sebagai bagian uji coba pelaksanaan Indonesia Triathlon Series.

Dia berenang di laut sejauh 1.054 meter, kemudian berlari sepanjang lima kilometer. Dari hasil uji coba, dia menilai Likupang memang siap jadi tuan rumah kegiatan wisata berbasis olahraga.

Sandiaga menilai kawasan Likupang cocok juga dikembangkan kelak menjadi lokasi kegiatan Meeting, Incentive, Exhibition dan Event (MICE).(ant/den/ika)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 22 April 2024
26o
Kurs