Jumat, 29 Maret 2024

Begini Langkah CERDIK Jaga Kesehatan Saat Puasa Ramadan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Puasa Ramadan tahun ini selain masih dalam situasi pandemi Covid-19, sekaligus juga di tengah cuaca ekstrem, karena itu dibutuhkan upaya ekstra guna menjaga kesehatan. Dwi Handayani, S.KM., M.Epid., Dosen Program Studi (Prodi) S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) punya tips menjaga kesehatan dengan cara CERDIK.

CERDIK merupakan gabungan enam langkah yakni:
1. Cek kesehatan secara berkala,
2. Enyahkan asap rokok,
3. Rajin aktivitas fisik,
4. Diet gizi seimbang,
5. Istirahat cukup,
6. Kelola stres.

Langkah CERDIK yang pertama adalah Cek kesehatan secara berkala, ini sangat penting dilakukan masyarakat.

“Jangan hanya datang ke pelayanan kesehatan jika sudah sakit, tapi pengecekan kesehatan secara berkala ini sangat penting, terlebih yang memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan penyakit kronis lainnya,” terang Dwi sapaan Dwi Handayani, S.KM., M.Epid., Rabu (14/4/2021).

Mengawali bulan Ramadan, masyarakat yang memiliki riwayat penyakit dapat mengecek kesehatan dan konsultasi pada dokter untuk mengatur pola minum obat dan pola diet yang tepat selama bulan puasa Ramadhan. “Sedangkan bagi yang tidak memiliki gangguan kesehatan, dapat melakukan cek kesehatan sederhana seperti cek berat badan, lingkar perut, tekanan darah,” kata Dwi.

Lalu langkah kedua, enyahkan asap rokok. Momentum bulan puasa Ramadhan diharapkan menjadikan seorang perokok bisa memanfaatkan momen keseharian dalam berpuasa untuk mengurangi menghisap rokoknya. “Lebih bagus lagi melalui bulan puasa, hal ini bisa menghentikan kebiasaan merokok dan seterusnya,” jelas Dwi.

Langkah ketiga, rajin aktivitas fisik. Selama bulan puasa Ramadhan bukan menjadi penghalang bagi kita semua untuk malas gerak (Mager) atau malah bermalas-malasan. Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik harus tetap dilakukan. “Kita bisa melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat, seperti jalan santai atau bersepeda selama 30 menit saja sudah cukup,” ungkap Dwi.

Langkah keempat, lanjut Dwi adalah diet gizi seimbang. Bulan puasa menjadi godaan tersendiri untuk bisa mengontrol makanan maupun minuman yang dikonsumsi. “Kebanyakan masyarakat banyak mengonsumsi gorengan dan minuman serba manis. Perlu diingat, jika mengonsumsi gula dan lemak berlebihan itu tidak baik bagi kesehatan, karena berisiko terhadap penyakit degenerative,” papar Dwi.

Dwi menambahkan, perlunya mengontrol asupan gula dan lemak, mengonsumsi buah menjadi satu diantara alternatif untuk berbuka puasa dibandingkan dengan mengkonsumsi gorengan. Sedangkan tidak boleh dilewatkan juga untuk mengatur asupan air minum hingga memenuhi kebutuhan minimal 1,5 sampai dengan 2 liter perhari, untuk mencegah tubuh dehidrasi. “Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat membagi porsi minum pada saat berbuka, sebelum tidur, dan pada saat sahur,” tambah Dwi.

Perlunya Istirahat cukup untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa, tidak dipungkiri bulan Ramadan, banyak masyarakat bersemangat mengejar amalan ibadah setiap waktu, namun tidak memperhatikan tubuh yang memerlukan waktu istirahat untuk menjaga daya tahan tubuh. “Kita perlu mengambil waktu sedikit untuk istirahat,” ungkap Dwi menjelaskan.

Langkah keenam, dengan mengelola stres selama bulan puasa, hal ini sebagai moment untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena ini menjadi salah langkah untuk mengelola stres. “Pendekatan spiritual seperti ini dapat menjadi salah satu upaya untuk mengelola stress menjadi lebih baik lagi,” terang Dwi.

Dengan menerapkan tips CERDIK selama puasa bulan Ramadan, ini sebagai satu di antara upaya untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga ibadah semakin lancar dan lebih khusyuk. “Selain itu, kondisi saat ini dalam situasi pandemi Covid-19 belum usai, jadi protokol kesehatan tetap diterapkan dalam kegiatan kita sehari-hari,” pungkas Dwi.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs