Jumat, 19 April 2024

Bukit Simbar Semeru, Destinasi Wisata Baru di Lumajang

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
bukit-simbar-semeru Suasana di Bukit Simbar Semeru yang berada di atas awan dengan pemandangan Gunung Semeru nan eksotis. Foto: Antara

Bukit Simbar Semeru menjadi salah satu destinasi atau tempat tujuan wisata baru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Wisata ini memukau karena menyuguhkan suasana alam yang eksotis dengan pemandangan Gunung Semeru.

Meskipun objek wisata alam itu belum dibuka untuk umum sejumlah masyarakat yang penasaran mulai mencari tahu lokasi tepatnya. Mereka penasaran dengan objek wisata yang langsung berhadapan dengan gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

“Itu masih tahap uji coba, sehingga hanya dibuka pada hari Sabtu dan Minggu dan belum dibuka secara umum karena masih persiapan baik pengelolaannya maupun sarana prasarananya. Tapi Alhamdulillah sudah ramai,” kata Suharyono salah satu pengelola Simbar Semeru di Lumajang dikutip Antara.

Simbar Semeru berada di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, di ketinggian 1.040 meter dari permukaan laut. Pengunjung akan disuguhi suasana di atas awan seperti objek wisata Puncak B-29 yang lebih dulu terkenal karena keindahannya.

Untuk mencapai lokasi Simbar Semeru, jalan yang harus dilewati lumayan terjal dan cukup menguras tenaga. Namun, bagi pengunjung yang tidak ingin bersusah payah menuju objek wisata pengelola sudah menyediakan jasa ojek yang siap mengantar pengunjung dari parkir kendaraan menuju lokasi Simbar Semeru.

Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan pemandangan luar biasa nan eksotik, direkomendasikan untuk naik ke bukit Simbar Semeru pada pagi hari sebelum matahari terbit dan sore hari sebelum matahari terbenam.

“Kami juga menyediakan perlengkapan untuk pengunjung yang bermalam di sana, seperti tenda, toilet, mushala, dan menu kuliner kampung. Ada juga kopi lokal dari perkebunan sekitar,” katanya.

Wisatawan yang berniat menghabiskan liburan akhir pekan di Simbar Semeru bisa mengakses lokasi di Google Maps. Jaraknya kurang lebih 42 kilometer dari Kota Lumajang.

Kabupaten Lumajang memiliki sejumlah objek wisata baru untuk membangkitkan perekonomian di daerah setempat. Selain Simbar Semeru ada juga Kali Sejuk di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, yang menjadi contoh sikap peduli lingkungan dengan mengubah sungai kumuh menjadi tempat wisata. Perputaran ekonomi di situ sudah ratusan juta.

Sebelumnya, Yoga Pratomo Plt. Kepala Dinas Parwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang mengatakan, Pemkab Lumajang membuka kembali objek wisata pada 24 Mei 2021 seiring berakhirnya surat edaran (SE) Bupati Lumajang Nomor: 556/1052/427.1/2021 Tentang Penutupan Tempat Wisata.

“Objek wisata dibuka, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat sesuai surat edaran Sekda Lumajang tentang protokol kesehatan,” katanya.

Para pengelola wisata tetap diwajibkan memasang banner imbauan protokol kesehatan, menyediakan cairan sanitasi tangan, serta menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir.

Pengelola harus melakukan imbauan penggunaan masker, jaga jarak, dan cuci tangan melalui pengeras suara. Kemudian mereka harus embatasi pengunjung 50 persen dari kapasitas lokasi wisata, memperhatikan kebersihan lokasi wisata, serta berkoordinasi dengan Puskesmas setempat untuk menyediakan petugas kesehatan.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs