Selasa, 25 Januari 2022

Kreasi Tanaman Hias Cantik di Wadah Kaca ala Aesthetic Unique Glass di Tropical Land

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Terrarium Cantik ini juga ada di Pameran Hewan Reptil dan Tanaman Hias bertema Tropical Land yang diselenggarakan di Suara Surabaya Centre 19-21 November 2021. Foto. dok

Tanaman yang biasa saja, bisa tampil cantik memesona karena ditempatkan di sebuah wadah istimewa. Wadah kaca transparan ini disebut terrarium.

Beragam bentuk terrarium juga ditawarkan oleh Aesthetic Unique Glass di Pameran Tropical Land.

Ladia Tikasari pemilik dari Aesthetic Unique Glass mengatakan, terrarium ini merupakan solusi terbaik untuk mereka yang memiliki hunian dengan luas terbatas namun ingin tetap berkebun.

Keuntungan lain memiliki tempat tanaman mungil adalah hemat ruang dan tentunya menambah estetika ruangan.

Keunikan lain dari produk ini karena  handmade dari pengerajin lokal yang ada di Pulai Bali.

“Produknya menghasilkan kreasi yang unik, satu sama lain tidak sama, karena handmade dan dibuat dari daur ulang jadi dibuat dari kaca lama lalu diproses Kembali menjadi bentuk yang sekarang ini, jadi ini kaca-kaca lama,” jelas Tika sapaan akrabnya.

Selain ramah lingkungan karena menggunakan limbah kaca, kayu penyanggahnya juga menggunakan akar kayu gamal yang sudah tidak terpakai.

Uniknya, gelas dan akar kayu tidak dijual terpisah, karena bentuk kaca sudah mengikuti bentuk akar kayu yang jadi penyanggahnya.

“Cara buat dari kayunya dulu disiapkan lalu kaca yang sudah dilebur panas dibentuk ke kayu, dan kalau dilihat, kayunya gosong seperti terbakar karena mengikuti bentuk kaca,” terangnya.

Gelas kaca ini bisa diisi dengan beragam tanaman di dalamnya. “Jadi tergantung selera mau diisi tanaman apa saja bisa,” katanya.

Kaktus misalnya, cocok menggunakan kaca terrarium terbuka karena hidup dalam kondisi kering dan tidak terlalu lembab sedangkan tanaman Pakis butuh kelembaban yang tinggi sehingga cocok menggunakan terrarium tertutup.

Lidah Mertua termasuk tanaman yang kuat dan cocok ditempatkan pada wadah manapun.

Tidak hanya sebagai wadah tanaman, dengan tampilannya yang artistik membuat produk ini memiliki banyak fungsi.

Terrarium itu bisa menjadi hiasan meja, aquarium, aqua space, vas bunga, tempat buah atau permen, property foto, tempat ATK, dan peralatan makan.

“Untuk kisaran harga tergantung dengan diameter kaca. Semakin besar diameternya dan memiliki cabang maka makin mahal harganya. Mulai Rp 75 ribu sampai ratusan ribu,” ungkapnya.

Tika mengatakan, sementara ini Aesthetic Unique Glass tidak memiliki outlet, dan hanya bisa dijumpai di pameran-pameran.

Salah satunya di Pameran Hewan Reptil dan Tanaman Hias bertema Tropical Land yang diselenggarakan di Suara Surabaya Centre 19-21 November 2021 mulai pukul 10.00-20.00 Wib.(man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Selasa, 25 Januari 2022
31o
Kurs