Selasa, 19 Maret 2024

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Selama Puasa dengan Pola Minum 2-4-2

Laporan oleh Chusnul Mubasyirin
Bagikan
Ilustrasi menghidrasi tubuh dengan minum air. Foto: Freepik

Umat muslim yang berpuasa, disarankan tetap meminum air putih delapan gelas sehari, untuk menghindari dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan.

“Meski berpuasa harus diingat tubuh kita tetap membutuhkan delapan gelas air putih per hari. Nah untuk tetap menghidrasi tubuh selama puasa minumlah dengan gelas dan rumus ‘2-4-2’,” kata dokter Diana Sunardi ahli gizi medik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta seperti dikutip Antara, Selasa (20/4/2021).

Menurut Diana, kebutuhan cairan tubuh tidak dihitung dengan seberapa banyak takjil berupa sirup atau minuman manis, seperti es cendol atau es teler yang dikonsumsi.

Untuk menghindari dehidrasi di tengah keterbatasan asupan makanan dan minuman selama berpuasa, Diana menyarankan umat muslim untuk menggunakan pola minum 2-4-2 selama menjalani puasa.

Maksudnya, minum dua gelas air putih ketika berbuka, selain menikmati takjil. Setelah itu, umat muslim bisa menjalankan shalat Maghrib lalu makan. Kemudian, di sela aktivitas malam hari hingga menjelang tidur dan beristirahat, minum lagi empat gelas air putih.

“Selama berbuka puasa, minimal tubuh mendapatkan air yang berfungsi menetralkan tubuh yang seharian tidak mendapatkan asupan cairan,” kata wanita yang juga Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) itu.

Terakhir, lanjut Diana, minum dua gelas air putih ketika waktu sahur.

Pola minum seperti itu bisa dijadikan patokan, sehingga dalam menjalani puasa tubuh dapat bekerja dan berfungsi dengan baik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Dengan tetap terhidrasi selama puasa, berarti umat muslim telah berusaha untuk menghindarkan diri dari efek negatif kekurangan cairan.

Beberapa efek yang ditimbulkan akibat kekurangan cairan, di antaranya pengurangan massa otot (otot menyusut), gangguan saluran kemih, gangguan ginjal, mudah lemas, mudah cemas, hingga hilang kesadaran diri (pingsan).

Dia mengingatkan, selama berpuasa hendaknya jangan melupakan minum air putih, diiringi takjil yang biasanya memiliki cita rasa manis dan sarat gula, agar tidak menimbulkan masalah baru pada tubuh.

“Perlu diingat tubuh kita tetap membutuhkan air putih selama puasa. Diperbolehkan memang berbuka dengan yang manis, tapi tentu dibatasi. Rekomendasi terbaik minum air putih dan tiga kurma cukup untuk berbuka. Itu juga tertulis dalam sunnah Nabi SAW,” kata Diana. (ant/cus/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
32o
Kurs