Minggu, 3 Juli 2022

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 7 Perbedaan Gelato dan Es Krim

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Sepintas mirip, gelato dan es krim sama-sama mengandung lemak dan gula. Namun, gelato mengandung lebih banyak susu daripada krim, Foto: Istimewa

Cuaca Kota Surabaya yang panas, paling enak diredakan menyantap yang dingin-dingin segar. Bagaimana kalau gelato atau es krim? Tampilannya memang mirip, tapi jangan salah, dari bahan sampai proses pembuatannya ternyata berbeda.

Biar tidak keliru, Shanti Eka pemilik Gelato di lenno yang berlokasi di Surabaya memberi penjelasan 7 perbedaan antara es krim dan gelato:

1. Gelato adalah frozen dessert Italia. Dianggap lebih sehat karena less sugar dibandingkan es krim.

2. Tekstur gelato lebih padat dan lembut tidak seperti es krim yang ringan.

3. Gelato hanya bisa dibuat dengan gelato machine made in Italia, sementara es krim menggunakan mesin made in mana saja.

4. Dalam pembuatannya, gelato dibekukan pada suhu minus 10 derajat celcius. Es krim didinginkan dengan suhu minus 20 hingga minus 12 derajat celcius.

5. Gelato memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan dengan es krim, karena diaduk secara perlahan sehingga udara di dalamnya berkurang.

6. Kandungan lemak pada gelato juga cukup rendah, di bawah 10 persen. Sementara, kandungan lemak es krim berkisar antara 12-14 persen.

7. Gelato lebih istimewa karena termasuk home made, bahan yang digunakan juga sumber alami, seperti, susu segar, buah, kacang, dan cokelat yang terbaik.

Nah, setelah tahu perbedaanya, sekarang tinggal dipilih gelato atau es krim, nih! (man/lim)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 3 Juli 2022
25o
Kurs