Sabtu, 20 April 2024

Viu Menyalip Netflix di Asia Tenggara

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi - Tayangan di televisi. Foto: Pexel

Platform streaming Viu mengalahkan Netflix atau menempati peringkat kedua setelah Disney Plus di antara platform Subscription Video On-Demand (SVOD) di Asia Tenggara.

Melansir laporan Variety yang dikutip Antara pada Jumat (6/8/2021) hal tersebut berdasarkan riset yang dilakukan Media Partners Asia (MPA) dalam “Southeast Asia Online Video Consumer Insights & Analytics: A Definitive Study” mengacu pada data pelanggan secara umum.

Data tersebut menunjukkan ada sekitar 6 juta pelanggan Disney di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand untuk kuartal kedua tahun ini. Sementara Viu dengan 5,2 juta pelanggan dan Netflix 4,8 juta.

Total pelanggan SVOD Asia Tenggara mencapai 29,6 juta pada akhir Juni 2021 dengan penambahan lebih dari 10 juta pelanggan baru selama enam bulan pertama tahun ini.

Pelanggan baru Disney juga bertambah sekitar 3,6 juta. Sementara Viu bertambah 1,9 juta pelanggan, terutama di Indonesia, Filipina, dan Thailand.

“Pertumbuhan SVOD Asia Tenggara ke depan akan ditentukan oleh kepuasan pelanggan dengan konten-konten baru, meliputi konten orisinal, konten Asia, dan konten olahraga,” kata Dhivya T. analis MPA.

Selain itu, para analis juga mencatat konten premium AS dan Korea terus mendorong minat pelanggan, sementara anime Jepang dan drama Korea yang tak berbayar juga masih banyak dikonsumsi.

Di Indonesia dan Thailand, konten lokal masih menarik minat pelanggan sekitar 20% konsumsi. Konten China berbayar juga tengah berkembang di Thailand dipicu popularitas drama di WeTV dan iQIYI.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs