Kamis, 28 Maret 2024

Waspadai Aplikasi Palsu Clubhouse for Android

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Aplikasi Clubhouse. Foto: Apple

Aplikasi obrolan audio, Clubhouse, belakangan menjadi populer sejak Elon Musk CEO Tesla, berbicara di platform tersebut beberapa pekan lalu.

Clubhouse saat ini hanya tersedia di iOS, dan untuk bisa mendaftar dan masuk harus mendapat undangan dari orang lain yang sudah memiliki akun di aplikasi tersebut.

Namun, popularitas Clubhouse tampaknya kini dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber.

“Terdapat dua hal penting di sini: pertama, the sale of invites (penjualan undangan); dan aplikasi palsu. Kedua skenario ini disatukan oleh satu hal, yaitu keinginan untuk mengeksploitasi minat para pengguna di platform sosial,” ujar Denis Legezo pakar keamanan di Kaspersky dalam keterangan tertulis yang dilansir Antara, Jumat (19/2/2021).

Skenario pertama adalah monetisasi dalam skala kecil. Namun, skenario kedua sifatnya jauh lebih serius.

Para pelaku kejahatan siber dapat mendistribusikan kode berbahaya dengan menyamar sebagai perangkat lunak populer – misalnya, versi palsu Clubhouse untuk Android.

“Aplikasi palsu berbahaya ini kemudian dapat melakukan persis seperti yang Anda izinkan dalam pengaturan keamanan Android Anda – untuk memperoleh titik lokasi perangkat baik kasar maupun akurat, merekam audio dan video, mendapatkan akses ke messenger, dll,” kata Legezo.

Beberapa trik yang tidak biasa juga memungkinkan terjadi. Misalnya, jika para pelaku kejahatan siber mengimplementasikan kapasitas untuk merekam audio, dan fungsi ini diizinkan pada perangkat, mereka akan dapat menggunakan rekaman berkualitas tinggi untuk melatih algoritme mesin mereka, untuk membuat deep fake yang lebih canggih.

“Cara terbaik untuk menjaga keamanan adalah dengan selalu waspada tentang apa yang diunduh, dan menjaga pengaturan keamanan secara tepat pada ponsel cerdas Anda,” ujar Legezo.(ant/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs