Senin, 6 Mei 2024

Balawan Dijadwalkan Tampil di RWMF 2022 Malaysia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gaya bergitar touch style yang dimainkan oleh Balawan bersama Batuan Ethnic.
(Foto : Eddy suarasurabaya.net)

Balawan Musisi sekaligus salah satu gitaris terbaik Indonesia juga dunia, akan tampil di Rainforest World Music Festival (RWMF) Tahun 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Sarawak Cultural Village, Kuching, Malaysia, 17-19 Juni 2022.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Antara, Minggu (12/6/2022), Balawan dijadwalkan tampil pada hari pertama penyelenggaraan yakni Jumat, tanggal 17 Juni 2022, pukul 22.25 – 23.10 waktu setempat.

Menurut Puan Sharzede Datu Haji Salleh Askor Chief Executive Officer (CEO) STB, Indonesia merupakan salah satu negara yang artisnya hampir selalu diundang untuk mengikuti RWMF yang kali ini merayakan penyelenggaran ke-25.

Balawan sendiri dikenal mengembangkan teknik bermain gitar 8 senar, dan terkadang dijuluki “Si Tangan Ajaib” oleh komunitas gitar dunia. Dalam laman wikipedia disebutkan jika Balawan yang nama lengkapnya I Wayan Balawan itu, lahir di Gianyar, Bali, tanggal 9 September 1972.

Ia sempat sekolah di Australia untuk memperdalam kemampuan dalam bermusik. Setelah kembali dari Australia, ia membentuk Batuan Ethnic Fusion dengan mengombinasikan gitar, drum, bass dengan musik tradisional Bali dalam bentuk musik jazz.

Sebagai informasi, RWMF merupakan ajang musik terbesar di wilayah Sarawak yang mampu mengundang puluhan ribu penonton dalam tiga hari pelaksanaan.

Setelah sempat vakum secara offline selama beberapa tahun karena pandemi, tahun ini merupakan ajang pertama yang dihadirkan secara hibrid. RWMF Tahun 2022 mengangkat tema “Legendary Rainforest Celebration”, dan selain secara fisik juga ditayangkan live streaming dengan harapan dapat disaksikan penggemarnya dari berbagai negara.

Setidaknya ada 60 penampil baik individu maupun grup yang akan ikut dalam ajang tersebut. Selain dari Malaysia, juga dari berbagai negara seperti Australia, Finlandia, termasuk Indonesia.(ant/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs