Jumat, 26 April 2024

Cara Cegah Kolesterol Naik Setelah Pesta Daging Iduladha

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi sate daging kurban. Foto : Pixabay Pictures

Pada momen Hari Raya Idhuladha mayoritas umat Muslim akan banyak mengkonsumsi daging. Namun, konsumsi daging berlemak secara berlebihan, berpotensi meningkatkan kolesterol dalam darah.

Oleh karena itu, Lailatul Muniroh Ahli Gizi Universitas Airlangga (Unair) membagikan tips untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi, agar masyarakat khususnya umat muslim bisa menjaga kesehatannya dalam momen hari raya kurban tersebut.

“Perlu dilakukan langkah pencegahan untuk menurunkan kolesterol,” ujar Lailatul, pada siaran pers Unair, jumat (8/7/2022).

Untuk menurunkan kolestrol, kata Lailatul, dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat, seperti strawberry, pisang, pir, apel, jeruk, wortel, dan brokoli. “Serat buah dan sayuran dapat melarutkan kolesterol jahat,” jelasnya.

Ia juga menganjurkan memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat dari kacang-kacangan, seperti kacang polong dan buncis untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

“Mengonsumsi kacang-kacangan yang rendah lemak seperti almond dan walnut juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat,” ujar Lailatul.

“Pilih makanan yang rendah lemak seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, tahu tempe. Selain itu, usahakan mengurangi makanan yang berminyak,” tambahnya.

Lailatul  juga menyarankan, untuk mengurangi makanan yang tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan membatasi makanan cepat saji. Selain itu, sarapan menggunakan oat meal dan olahraga rutin, juga bisa menjadi langkah yang tepat untuk mengurangi kadar kolestrol.

“Rutin berolahraga juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat,” tandasnya. (des/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs