Sabtu, 20 April 2024

Dokter: Edukasi Kesehatan Organ Intim Harus Dimulai Sejak Dini

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi edukasi kebersihan dan kesehatan organ intim perempuan. Foto: Freepik

Yudo Irawan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RSUPN Cipto Mangunkusumo (RSCM) meminta orang tua untuk mengedukasi anak mengenai kebersihan dan kesehatan organ intim sedini mungkin saat anak sudah mulai memahami pentingnya menjaga organ intim.

“Tidak ada patokan usia berapa. Jadi misalnya saat dia bertanya, misalnya perempuan, kok saya beda dengan punya papa, berarti itu sudah bisa kita tanamkan dari mulai anatomi, fungsi, dan menjaga kesehatannya,” tuturnya secara daring, Senin (14/11/2022) dikutip Antara dalam bincang-bincang kesehatan dalam rangka HUT RSCM ke-103 di Jakarta.

Menurut Yudo, memberikan edukasi kepada anak sedini mungkin mengenai pentingnya menjaga kesehatan organ intim sangat penting untuk mencegah anak mencari informasi dari sumber lain yang tidak terpercaya dan membawa dampak negatif.

“Biasanya di bawah usia 10 tahun itu anak-anak sudah mulai mengerti, mulai tahu, dan ingin tahu. Jadi kita sebagai orang tua sebaiknya memberikan informasi yang baik sebelum bablas mencari informasi yang malah ke mana-mana,” ujarnya.

Untuk itu, Yudo mengatakan bahwa sebelum menginjak usia 10 tahun anak sebaiknya sudah diajarkan mengenai cara menjaga organ intim. Terlebih pada saat mereka mengalami pubertas yang ditandai dengan menstruasi atau mimpi basah, sehingga mereka harus berusaha lebih untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim. Tujuannya, agar mereka memiliki bekal yang cukup sehingga siap ketika memasuki masa-masa tersebut.

“Jangan sampai anaknya keburu menstruasi baru nanya atau bahkan sedihnya tidak bertanya sampai orang tuanya tidak pernah tahu anaknya menstruasi mulai kapan. Atau anak laki-lakinya mimpi basah sudah bertahun-tahun, baru orang tuanya tahu,” paparnya.

Yudo juga berpesan untuk menjelaskan sesuai porsi dan apa adanya, karena hal itu juga bisa mendekatkan hubungan antara anak dan orang tua.

“Jadi, kalau anak mulai bertanya, ya dijelaskan apa adanya, tapi tentu sesuai dengan porsinya. Kita bisa bilang, ‘nanti kalau kamu sudah mulai menstruasi, mama jelasin lagi cara menjaganya, kalau sekarang kira-kira begitu cara bersihkannya’. Ini juga bisa jadi mendekatkan hubungan antara anak dan orang tua,” lanjutnya.

Yudo menambahkan bahwa mengedukasi anak mengenai pentingnya menjaga organ intim sangat penting agar anak terhindar dari iritasi dan infeksi.

“Anak memang belum melakukan aktivitas yang bersifat seksual dengan orang lain, bukan berarti jika dia tidak menjaga higienitas dirinya akan terbebas dari infeksi. Infeksi saluran reproduksi dan infeksi menular itu bisa terjadi meski belum melakukan aktivitas (seksual) dengan orang lain, misalnya jamur,” pungkas Yudo.(ant/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs