Selasa, 30 April 2024

Film “How Do You Live” Hayao Miyazaki Tayang Juli 2023

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Cuplikan gambar film "How Do You Live" karya Hayao Miyazaki.

Studio Ghibli telah mengumumkan proyek terbarunya yang berjudul “How Do You Live” karya Hayao Miyazaki pembuat film legendaris.

Antara mengutip dari Variety pada Rabu (14/12/2022), film panjang ini akan ditayangkan di bioskop Jepang pada 14 Juli tahun depan. Informasi selengkapnya masih belum diumumkan Studio Ghibli meski sudah merilis sketsa makhluk mirip burung.

Film yang diadaptasi dari buku karya Genzaburo Yoshino tahun 1937 dengan nama yang sama, menceritakan sosok anak laki-laki berusia 15 tahun yang melakukan perjalanan untuk menemukan perkembangan spiritual, kemiskinan, dan makna hidup dengan bantuan pamannya. Nasihat tersebut disampaikan dalam sebuah jurnal.

Pemenang Oscar itu telah lama menyebut “How Do You Live”  sebagai salah satu buku favoritnya. Pada tahun 2017, dia berencana untuk mengadaptasi ke layar lebar. Buku itu telah diterjemahkan dalam Bahasa Inggris yang diterbitkan pertama kali pada 2021 dengan pengantar oleh Neil Gaiman.

Dalam sampul terjemahannya disebut bahwa “How Do You Live?” dinarasikan dalam dua suara, yakni pertama Copper, berusia 15 tahun, yang setelah kematian ayahnya harus menghadapi perubahan besar yang tak terelakkan, termasuk pengkhianatannya sendiri terhadap sahabatnya.

Di sela-sela episode cerita Cooper, pamannya menuliskan sebuah jurnal yang memberikan banyak pelajaran, termasuk pengetahuan dan nasihat tentang pertanyaan besar dalam hidup saat Cooper mulai menjumpainya.

Sepanjang cerita, Cooper, seperti namanya Copernicus melihat ke bintang-bintang dan menggunakan penemuannya tentang langit, bumi, dan sifat manusia untuk menjawab pertanyaan bagaimana dia akan hidup.

Studi Ghibli baru-baru ini membuka taman hiburan berdasarkan karya Miyazaki yang menampilkan wahana dan atraksi dari film “My Neighbor Totoro” dan “Princess Mononoke”. Adaptasi panggung “My Neighbor Totoro” oleh Royal Shakespeare Company juga baru saja dibuka di London, Inggris.

Studio ini juga berkolaborasi bulan lalu dengan Lucasfilm dalam animasi pendek Baby Yoda, menyatukan Grogu dari “The Mandalorian” dan kelinci debu batu bara antropomorfis dari “Spirited Away” karya Miyazaki.(ant/tik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs