Selasa, 27 September 2022

Konfigurasi Paper MOB 5.000 Maba ITS Bertema Kemerdekaan RI Pecahkan Rekor MURI

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Konfigurasi papermob Maba ITS bergambar Bung Tomo saat membakar semangat arek-arek Suroboyo. Foto: Humas ITS

Sekitar 5.500 mahasiswa baru (maba) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil mengukir nama almamater di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), pada hari terakhir acara Generasi Integralistik (Gerigi) 2022, yang berlangsung di Taman Alumni ITS, Sabtu (13/8/2022).

Rekor MURI itu berkat Konfigurasi Paper Mob Terbesar oleh Mahasiswa Baru, dengan konsep cerita perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

Dyah Ayu Puspita pemrakarsa sekaligus Ketua Penyelenggara Gerigi ITS 2022 menyampaikan rasa bangga dan senang atas keberhasilan seluruh panitia yang menghasilkan mozaik, serta partisipasi mahasiswa baru ITS.

“Senang rasanya dapat menyukseskan acara setelah berjuang mengerjakan agenda ini,” ucapnya.

Konfigurasi mozaik itu dilengkapi dengan konsep cerita perjuangan Kemerdekaan Indonesia dengan bentuk 3 dimensi (3D). Dyah menjelaskan, pada sesi mozaik, seluruh peserta membuat sebanyak 30 pola dengan menggunakan kertas asturo sebanyak empat warna.

Dia melanjutkan, konsep cerita tersebut dipilih karena menyelaraskan dengan ITS yang dikenal dengan nama Kampus Perjuangan. Terlebih lagi, untuk menyesuaikan semangat perjuangan, tema Gerigi kali ini adalah Gelora Revolusi.

“Kami sebagai panitia berharap para maba dapat bersatu dan menjunjung nama kampus perjuangan ITS,” tegas mahasiswi asal Madiun tersebut.

 

Mahasiswa ITS saat mengomandoi para maba untuk membuat konfigurasi papermob , Sabtu (13/8/2022). Foto: Humas ITS

Gerigi kali ini, lanjut Dyah, merupakan yang pertama dilaksanakan secara sepenuhnya luring sejak pandemi Covid-19 menyerang. Pemecahan rekor itu sudah ditargetkan sejak awal perencanaan Gerigi ITS 2022 dengan harapan menggelorakan dan menyatukan kembali semangat para mahasiswa ITS setelah dua tahun lebih kuliah daring.

Dyah menambahkan, Gerigi ITS 2022 juga mendukung peringatan Dirgahayu ke-77 Republik Indonesia dan pelaksanaan Group of Twenty (G20) yang diketuai Indonesia. Karena itu, panitia menginisiasi mozaik Logo Kemerdekaan ke-77 Indonesia dan G20. Terdapat juga rangkaian mozaik unik yang menceritakan Peristiwa Tunjungan yaitu insiden Hotel Yamato pada 10 November 1945.

Pada kesempatan itu, hadir langsung Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng Rektor ITS, para wakil rektor dan jajaran pimpinan ITS lainnya.

Rektor yang kerap disapa Ashari dalam sambutannya mengaku bangga mempunyai mahasiswa baru yang penuh semangat dalam melaksanakan Gerigi. Hal itu dibuktikan melalui suksesnya menjalankan 30 variasi mozaik dengan sempurna.

“Bangga sekali, baru lahir sudah cetak prestasi!” ucapnya.

Usai menyampaikan sambutan, Ashari memukul gong yang menandakan penutupan rangkaian acara Gerigi ITS 2022. Ashari berharap semangat para mahasiswa baru ITS tetap menggelora di perkuliahan ke depannya dan terus mencetak prestasi yang membanggakan.

“Tetap jaga semangatnya dalam menimba ilmu di kampus perjuangan,” tandasnya.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Selasa, 27 September 2022
32o
Kurs