Kamis, 9 Februari 2023

Kristen Stewart Jadi Presiden Juri Festival Film Internasional Berlin

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kristen Stewart untuk Festival Film Internasional Berlin ke-73. Foto: Antara

Kristen Stewart pemain film, penulis skenario, dan sutradara asal Amerika Serikat akan menjadi presiden Juri Internasional di Festival Film Internasional Berlin (Berlinale) ke-73.

“Kami senang dengan Kristen Stewart yang mengambil tugas istimewa ini. Dia adalah salah satu aktor paling berbakat di generasinya,” kata Mariette Rissenbeek dan Carlo Chatrian Direktur Festival dalam keterangan pers Berlinale, Sabtu (10/12/2022).

Chatrian mengatakan, karakter Bella Swan hingga Princess of Wales telah menghidupkan karakter yang abadi. wart adalah jembatan yang sempurna antara AS dan Eropa.

Stewart dianggap sebagai salah satu talenta muda utama Hollywood. Pada 1999 yang usianya sembilan tahun, dia merayakan debut layarnya. Tiga tahun kemudian, dia membintangi “Panic Room” karya sutradara David Fincher bersama Jodie Foster.

Saga “Twilight” (2008-2012) menjadi terobosan internasionalnya. Pada tahun 2010, dia menghadiri Berlinale dengan produksi “Welcome to the Rileys” yang disutradarai oleh Jake Scott. Dia juga menerima Orange Rising Star Award untuk Pendatang Baru Terbaik di BAFTA pada tahun yang sama.

Stewart bersama Juliette Binoche memerankan film “Clouds of Sils Maria” yang disutradarai oleh auteur Prancis Olivier Assayas pada tahun 2014. Di tahun berikutnya, dia menjadi orang Amerika pertama yang menerima penghargaan film film Prancis César untuk perannya dalam film tersebut.

Dia melanjutkan kariernya dengan Assayas pada tahun 2016 di “Personal Shopper” yang berperan sebagai pemeran utama.

Stewart merayakan debutnya sebagai sutradara dan penulis film pendek “Come Swim” pada 2017, di tahun berikutnya dia menjadi anggota Juri Internasional di Festival Film Cannes.

Pada 2019, dia terjun ke genre aksi di “Charlie’s Angels” yang disutradarai oleh Elizabeth Banks dan membawakan penampilan memukau dalam film biografi “Seberg” (disutradarai oleh Benedict Andrews) yang merayakan pemutaran perdana dunianya di Festival Film Venesia.

Stewart mempresentasikan karya terbarunya sebagai sutradara lewat film pendek “Crickets” tahun 2020.

Baru-baru ini, dia memukau penonton sebagai Putri Diana dalam film drama “Spencer” karya Pablo Larraín, meraih nominasi Academy Award dan Critics Choice Awards untuk Aktris Terbaik.

Stewart bersama Steven Yeun baru saja menyelesaikan produksi “Love Me” dan “Love Lies Bleeding” yang disutradarai oleh Rose Glass.

Saat ini, dia sedang mengerjakan debut penyutradaraan panjangnya. Film yang diadaptasi dari buku terlaris “The Chronology of Water” oleh Lidia Yuknavitch.(ant/tik/ipg)

Berita Terkait