Jumat, 29 Maret 2024

Membagi Isi Piring, Tips Santap Menu Lebaran Tanpa Khawatir Kesehatan Terganggu

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Rendang.

Pengaturan porsi makan merupakan salah satu kunci supaya Anda bisa menyantap hidangan khas Lebaran tanpa harus khawatir terkena masalah kesehatan semisal kadar kolesterol jahat naik atau sembelit.

Dokter Ida Gunawan Dokter Spesialis Gizi Klinik Konsultan Nutrisi pada Kelainan Metabolisme Gizi dari RS Pondok Indah – Puri Indah, pertama-tama menyarankan Anda membagi isi piring yakni setengah piring dengan sayuran dan buah beraneka ragam warna.

Sayuran dan buah mengandung serat yang harus Anda konsumsi dalam porsi seimbang. Karena, seringkali hidangan Lebaran didominasi kandungan lemak, gula dan garam.

​”Makanya setengah piring isinya sayur dan buah, supaya komposisi serat dan antioksidan tercukupi,” kata dia seperti dilansir Antara, Minggu (1/5/2022).

Setelahnya, isi seperempat piring atau setara 45-65 persen dengan karbohidrat, semisal nasi, ketupat, mi, kentang atau bihun. Ida mengingatkan, sebaiknya Anda tidak memilih sumber karbohidrat dengan kandungan gula tinggi.

Kemudian, sisa seperempat lainnya bisa diisi dengan lauk-lauk yakni protein seperti daging, ikan, telur atau sumber nabati misalnya tahu dan tempe.

“Protein bisa daging yang lemaknya tidak terlalu banyak, ikan, telur boleh tetapi jumlahnya jangan berlebihan,” ujar Ida.

Lalu bagaimana dengan santan? Ida tidak menyarankan Anda menambahkan banyak santan ke dalam piring makanan. Pada menu rendang misalnya, Anda bisa mengambil daging rendang tanpa harus berlebihan mengambil bumbunya. Begitu juga halnya dengan sayuran dengan kuah santan.

“Kita jangan menambahkan santan ke dalam menu makanan, jadi cukup sayuran saja yang diambil yang pasti di situ sudah menempel yang namanya kuah-kuah santannya. Cukup dimakan sayurannya saja bersama ketupatnya atau bersama rendangnya, tetapi dagingnya saja. Bumbu rendangnya hanya sudah tercampur saja,” pungkasnya.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs