Senin, 6 Mei 2024

Menggosok Punggung Saat Mandi Baik untuk Kesehatan, Jangan Dilewatkan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi mandi. Foto: Pixabay

Meluangkan waktu 30 detik sehari untuk menggapai bagian tubuh sejauh yang Anda bisa, termasuk membasuh punggung lalu menggosoknya saat mandi bermanfaat bagi kesehatan.

Ini karena menggosok punggung melibatkan empat gerakan bahu yang baik untuk pergerakan sendi, ketimbang hanya sekadar menjaga punggung Anda tetap bersih.

Hal ini memainkan peran besar dalam kemampuan Anda untuk bergerak dengan baik dan hidup mandiri seiring bertambahnya usia, menurut terapis fisik di Bespoke Treatments, Seattle, Phillip Higgins, DPT seperti dikutip Antara dari Livestrong, Kamis (6/1/2022).

Ketika Anda tidak secara teratur melakukannya, maka persendian mungkin mulai terasa kencang atau bahkan sakit ketika mencoba melakukan hal-hal seperti menggapai ke atas atau di belakang tubuh.

“Hal lain yang sangat penting untuk diketahui tentang pergerakan bahu yakni itu sangat berperan dalam pergerakan dan nyeri leher,” kata Theresa Marko, pendiri Marko Physical Therapy di New York City.

Ketika bahu Anda kencang dan sulit untuk diangkat ke atas, maka ini dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk meregangkan tulang belakang sepenuhnya dan duduk tegak dengan postur yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan posisi leher miring yang menyebabkan leher kaku dan nyeri.

Jadi, luangkanlah waktu untuk membersihkan punggung Anda. Angkat satu tangan di atas bahu Anda dan letakkan di punggung atas, lalu gosok ke bawah sejauh yang Anda bisa dengan nyaman selama beberapa detik.

Selanjutnya, jatuhkan siku Anda ke samping, letakkan tangan Anda di punggung bawah dan naik ke atas. Kemudian ganti lengan dan ulangi untuk ukuran yang baik.

Manfaat lain dari gerakan ini yakni membantu Anda mengawasi pergerakan Anda. Saat mulai melakukan gerakan sederhana ini setiap kali mandi, Anda akan mulai memperhatikan jika dan kapan tidak dapat mencapai sejauh yang Anda biasa lakukan.

Teruslah berlatih, tetapi jangan dipaksakan. Berfokuslah untuk bergerak sejauh yang Anda bisa dengan nyaman, dan pertahankan, menurut spesialis kekuatan dan pengkondisian bersertifikat.(ant/dfn/rst)

Berita Terkait

Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Anak

Bolehkah Mandi Air Hangat Saat Menstruasi?


..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs