Sabtu, 4 Mei 2024

Mudah dan Banyak Khasiatnya, Ini Tanaman Rempah yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Warga di Nginden Jangkungan Surabaya yang menanam sendiri empon-empon. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Apa jenis tanaman rempah yang Anda tanam di halaman rumah atau di kompleks rumah? Beberapa jenis tanaman di bawah ini selain dikenal punya khasiat besar dalam dunia kesehatan, ternyata cara menanamnya pun mudah, bisa jadi referensi untuk ditanam di rumah.

Prof. Sukardiman Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Airlangga mengatakan, di Indonesia, rempah atau tanaman obat yang bisa ditanam jumlahnya ada ribuan. Namun ada beberapa yang sudah dibudidayakan baik secara umum maupun khusus untuk industri.

“Kalau rempah, punya komoditi ekonomi dan bahan baku baik untuk industri maupun obat tradisional misalnya cengkeh, pala, lalu daun sala, daun sereh. Termasuk yang mudah ditanam misalnya kemangi, kenikir itu multifungsi sebagai komoditi ekonomi dan tujuan kesehatan serta keindahan di rumah kita,” kata Sukardiman kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (30/1/2022).

Dia pun mencontohkan beberapa tanaman rempah yang bisa ditanam di rumah:

1. Sambiloto

Sambiloto termasuk tanaman yang mudah tumbuh. Tanaman Sambiloto pun bisa tumbuh dengan sendirinya karena tanaman ini berbuah, berbunga dan berbiji.

“Bijinya ketika jatuh ke tanah akan tumbuh dengan sendirinya,” ungkapnya. Fungsinya banyak, selain untuk obat diabetes juga untuk anti kanker. Beberapa penelitian juga menggunakan daun Sambiloto sebagai obat untuk Covid-19.

2. Kumis kucing

Kumis kucing, kata Sukardiman, baik untuk antioksidan dan mudah berbunga.

3. Kemangi

Siapa tak kenal tanaman satu ini? Tanaman yang kerap diolah untuk lalapan. Ternyata, daun kemangi bisa dimanfaatkan untuk teh herbal untuk menjaga kesehatan tenggorokan.

4. Daun Kare

“Daun Kare ini baik untuk antioksidan, penelitian di luar negeri bahkan dimanfaatkan untuk bahan baku produksi obat anti diabetes,” kata Sukardiman.

5. Empon-empon

Ada banyak jenis empon-empon seperti kencur yang baik untuk obat batuk, pegal linu dan peningkat stamina. Jahe untuk menghilangkan rasa mual dan mengobati gangguan pencernaan. Temu hitam sebagai obat cacing serta meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Lalu temulawak, kunyit dan lengkuas.

Menurutnya, menanam tanaman rempah ini mudah namun dibutuhkan ketelitian dan telaten.

“Yang penting beberapa hari sekali disiram. Bahan untuk lingkungannya apakah itu pot atau sebidang tanah tidak masalah yang penting ada tanah yang bisa ditanami. InsyaAllah mudah,” tuturnya.(dfn)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs