Minggu, 4 Desember 2022

Olahraga Lari Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Jantung

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Para peserta 'Fun Run Allianz Sport Festival' berlari di sekitaran Jalan Mayjend HR Muhammad Surabaya, Minggu (20/11/2022). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Gunawan Yoga dokter spesialis jantung di Nasional Hospital Indonesia, mengatakan bahwa menjaga kesehatan jantung merupakan tindakan yang sangat penting.

“Untuk menjaga kesehatan jantung harus menerapkan gaya hidup yang sehat, bukan makin ke sini pola hidupnya makin tidak sehat,” ucapnya saat memberi pemaparan dalam talkshow kesehatan ‘Fun Run Allianz Sport Festival’, yang diadakan di Suara Surabaya Centre, Minggu (20/11/2022).

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa penyakit jantung menjadi penyakit yang mematikan, dan telah banyak menyerang orang.

“Kejadian penyakit jantung itu serupa dengan struk, mengenai pembuluh darah. Jadi kurang lebih sama, karena mayoritas penyakit jantung di Indonesia adalah jantung koroner, masalah pembuluh darah,” ucapnya.

Tahir Saffudin (kiri) dan dr. Gunawan Yoga saat menjadi pembicara Healthy Talk saat Fun Run di halaman Suara Surabaya Centre, Minggu (20/11/2022). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Oleh karena itu, ia menyatakan agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya, dengan berolahraga lari.

Dokter Gunawan juga menekankan agar berolahraga dilakukan secukupnya, supaya berdampak positif bagi kondisi tubuh.

Dalam talkshow itu, ia juga menjelaskan bahwa tidak semua nyeri di dada adalah penyakit jantung, tetapi jika sudah terjangkit penyakit jantung, maka sudah pasti timbul rasa nyeri.

Oleh karena itu, pria berkacamata itu juga mengajak untuk melakukan check up secara berkala jika merasa ada gajala-gejala yang timbul.

“Jangan diobati sendiri, jangan memberikan obat-obat berdasarkan Google, kadang informasi dari Google tidak tepat sasaran,” ucapnya.

Sementara itu, Tahir Saffudin Chief Agency Official PT Asuransi Allianz Live Indonesia, sepakat bahwa olahraga adalah kegiatan positif yang berdampak baik bagi tubuh, khususnya lari.

Melalui event lari bertajuk Allianz Fun Run itu, ia mengajak masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat. “kami yakin melalui olahraga lari itu, akan mendukung rencana hidup di masa akan datang,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya ajakan giat berolahraga, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga kondisi tubuh, terutama dalam upaya mencegah penyakit jantung .(ris/bil/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Minggu, 4 Desember 2022
26o
Kurs