Kamis, 6 Oktober 2022

Pemkot Siapkan Destinasi Wisata Sejarah Sekaligus Perjuangan di Surabaya 

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Penghormatan kepada Bendera Merah Putih sesaat setelah adegan perobekan bendera saat Teatrikal Berkibarlah Benderaku di Jalan Tunjungan Surabaya, Minggu (18/9/2022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya tengah menyiapkan sebuah konsep destinasi pariwisata yang akan mengkoneksikan destinasi wisata sejarah sekaligus sejumlah peristiwa heroik perjuangan dari Kota Pahlawan.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengatakan, Surabaya memiliki beragam destinasi wisata yang beberapa di antaranya adalah tempat-tempat bersejarah. Hal itu jadi landasan untuk menggagas sebuah destinasi Wisata Perjuangan Surabaya.

“Ini akan menjadi wisata dan mengingatkan bahwa Surabaya ini bukan kota mal saja, Surabaya bukan hanya kota jasa. Tapi, Surabaya ini banyak tempat sejarahnya, banyak tempat heritage-nya, banyak tempat wisata, terutama wisata perjuangan,” kata Eri, Senin (19/9/2022).

Sisi perjuangan itu diinginkan Eri untuk dapat dimunculkan dari Surabaya. Bahkan ia juga menyatakan, ke depan nilai-nilai perjuangan dari Kota Pahlawan ini akan dituangkan ke dalam sebuah buku.

“Termasuk seni, termasuk apapun itu dimulai awal tahun untuk warga Indonesia biar tahu, apa saja yang ada di Kota Surabaya,” ujarnya.

Wisata Perjuangan Surabaya yang tengah disiapkan ini terbilang menarik. Pasalnya, selain mengkoneksikan tempat-tempat bersejarah, ia juga menginginkan agar sejumlah peristiwa heroik di Surabaya menjadi rangkaian yang ada di dalamnya. Seperti peristiwa perobekan bendera di Hotel Yamato, hingga pertempuran 10 November 1945.

“InsyaAllah tahun depan akan kita masukkan ke dalam agenda Kota Surabaya. Dan di awal tahun, akan kita sebarkan ke mana-mana seluruh Indonesia. Bahkan mancanegara,” jelas Eri.

Dengan begitu, seluruh rangkaian agenda atau event di Kota Pahlawan bisa diketahui masyarakat baik domestik maupun mancanegara. Harapannya, konsep wisata yang disiapkan ini sekaligus bisa memantik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pahlawan.

“Sehingga pada waktu awal tahun, sudah bisa melihat (agenda). Oh misal kalau Ulang Tahun Suroboyo, ada (kegiatan) apa saja. Kemudian saat (Hari Pahlawan) 10 November, ada (kegiatan) apa saja,” kata Eri.

Di samping itu, Eri berharap, hadirnya Wisata Perjuangan Surabaya nantinya dapat menggelorakan semangat Nasionalisme bagi para generasi muda di Kota Pahlawan.

“Karena saya ingin mengingatkan bahwa Kota Surabaya ini punya jiwa Pahlawan yang sangat luar biasa,” tandasnya. (lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Kamis, 6 Oktober 2022
32o
Kurs