Rabu, 24 April 2024

Reog dan Kirab Budaya Meriahkan Perayaan HUT RI di Dukuh Pakis Surabaya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pertunjukan Reog Ponorogo saat perayaan HUT ke-77 RI di Dukuh Pakis Surabaya, pada Minggu (21/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Seni pertunjukan Reog Ponorogo dan karnaval kirab budaya memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, di Dukuh Pakis Surabaya, pada Minggu (21/8/2022).

Dari pukul 08.30 WIB, karnaval menyusuri sepanjang jalan Dukuh Pakis. Diawali penampilan Reog Ponorogo, kemudian puluhan tari kreasi dari tiap perwakilan Rukun Tetangga (RT).

Widodo Ketua Panitia Pelaksana Karnaval mengatakan, tujuan acara itu untuk memperingati HUT ke-77 RI dan juga bagian dari mewujudkan rasa syukur masyarakat.

“Tentu untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, sekaligus momentum untuk bersyukur atas apa yang telah kita raih selama ini,” ucapnya kepada suarasurabaya.net

Lebih lanjut, Widodo bilang acara itu juga dimeriahkan dengan tumpengan.

Kreasi tari dari perwakilan RT yang ada di Dukuh Pakis saat memeriahkan perayaan HUT ke-77 RI, pada Minggu (21/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

“Dalam karnaval juga ada acara tumpengan. Total keseluruhan tumpeng yang ada di sini lebih dari 130, itu bagian dari cara kami sebagai warga Dukuh Pakis untuk mengungkapkan rasa syukur,” tegasnya.

Sebanyak 130 lebih tumpeng yang ada merupakan hasil kerja sama seluruh RT di Dukuh Pakis. Setiap RT wajib menyumbangkan minimal dua tumpeng dengan kreasi bebas.

Widodo berharap acara yang diikuti anak-anak hingga orang dewasa itu jadi momentum mempererat kembali kebersamaan antarwarga.

“Harapan dari acara ini, dari yang kecil hingga yang tua kebersamaannya lebih erat lagi, dan untuk warga, dari ujung hingga ke ujung bisa lebih guyub dan rukun,” imbuhnya.

Acara tahunan yang diikuti 37 RT itu berjalan dengan lancar. Sesudah acara karnaval kirab budaya dan pertunjukan Reog Ponorogo berakhir, dilanjutkan dengan makan tumpeng bersama seluruh warga Dukuh Pakis.

“Acara nanti diakhiri dengan makan tumpeng bersama. Semoga, dari rangkaian acara ini benar-benar menguatkan kebersamaan dan lebih baik lagi ke depannya” tutupnya.(ris/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs