Rabu, 17 Agustus 2022

Tambah Sejumlah Fasilitas, Pemprov Perkuat Daya Tarik Wisata Benteng Van den Bosch Ngawi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Benteng Van den Bosch di Kabupaten Ngawi yang dalam proses renovasi, Kamis (4/8/2022). Foto: Humas Pemprov Jatim.

Benteng Van den Bosch di Kabupaten Ngawi kini menjadi perhatian oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur supaya menjadi tempat wisata bersejarah dan diminati banyak masyarakat.

Oleh karena itu, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengusulkan untuk menambah sejumlah fasilitas wisata guna memperkuat daya tarik wisata benteng peninggalan kolonial itu.

Khofifah mengusulkan adanya penambahan wahana wisata air. Mengingat di belakang benteng tersebut terdapat aliran sungai bahkan dulu merupakan pelabuhan Tempura.

Usulan tersebut juga didiskusikan secara langsung bersama tim ahli dari Belanda yang saat ini tengah menyiapkan wisata air Sungai Wlingi.

“Saat ini, tim dari Belanda sedang mendukung wisata air sungai Wlingi di Pasuruan. Tim dari Belanda semoga tidak keberatan karena ini bagian heritage yang memiliki nilai sejarah berkaitan dengan Belanda,” kata Khofifah di Ngawi, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya, dukungan wisata air di Van den Bosch akan membuat benteng ini lebih indah dan potensial sebagai tempat wisata.

Selain itu, konektivitas destinasi wisata satu dengan destinasi wisata berikutnya semakin terintegrasi. “Orang akan menikmati Kab. Ngawi dengan dengan keunggulan komparatif maupun kompetitif,” imbuhnya.

Selain itu Gubernur Jatim juga mengusulkan supaya Ony Anwar Harsono Bupati Ngawi agar menyiapkan guide bagi pengunjung yang masuk ke dalam benteng mengingat sejarah benteng ini cukup panjang dan menarik untuk diketahui.

“Sambil jalan saya sampaikan ke bupati, supaya bisa dibuat hotel, berbagai pertemuan, ekspo UMKM , peragaan busana dan sebagainya. Benteng ini memiliki keindahan yang sangat mempesona,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Khofifah mengatakan renovasi benteng berukuran 165 meter x 80 meter yang dibangun di atas lahan seluas 15 hektare ini menindaklanjuti arahan Joko Widodo Presiden RI agar benteng Van den Bosch direhabilitasi sehingga menjadi wisata bagi masyarakat.

“Kawasan Benteng Pendem dapat menjadi wisata edukasi sejarah dan cagar budaya yang dilengkapi papan informasi di setiap sudutnya,” tuturnya.

Sekedar diketahui, letak benteng Pendem di Jalan Untung Suropati No II, Pelem II, Kelurahan Pelem, Ngawi, Jawa Timur.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Rabu, 17 Agustus 2022
26o
Kurs