Kamis, 9 Mei 2024

Tips Street Feeding Kucing Liar Agar Tidak Mencemari Lingkungan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilsutrasi street feeding kucing.Foto: Pixabay

Doni Herdaru pendiri yayasan Animal Defenders Indonesia mengingatkan para pencinta binatang lebih tertib menaruh makanan di jalanan alias street feeding untuk hewan terlantar.

Menurutnya, tindakan yang tujuannya baik seharusnya tidak sampai mengganggu lingkungan semisal menimbulkan sampah.

“Jangan taruh sembarangan, misalnya perhatikan taruh di mana, kalau beri makanan basah, pakai alas seperti daun atau plastik pengganti yang terbuat dari ketela,” kata Doni, Rabu (13/7/2022) mengutip Antara.

Davina Veronica aktivis pembela hak hidup dan kesejahteraan hewan yang juga pendiri Natha Satwa Nusantara adalah salah seorang yang kerap memberi makan hewan-hewan liar di rumahnya.

“Di rumah ada banyak kucing liar yang saya kebiri lalu kasih makan rutin pagi dan sore,” kata Davina.

Dia punya cara sendiri supaya makanan yang diberikan tidak berujung menjadi sampah dan mencemarkan lingkungan. Davina biasanya memberi makan dan menunggu kucing-kucing liar itu menyantapnya sampai tuntas.

Perempuan yang juga terkenal sebagai aktris itu berusaha menjaga para binatang tanpa pemilik bisa makan dengan tenang, dan tidak kabur karena terganggu kendaraan yang lewat.

“Bisa pakai wadah dan tungguin saja, jadi kemasannya bisa diambil dan pakai lagi, atau buang dan pilah di rumah,” katanya.

Aktivitas memberikan makanan kepada hewan-hewan yang tidak berpemilik, lanjutnya, merupakan aksi kepedulian yang sebaiknya terus dilestarikan.

“Hewan juga perlu bantuan kita, aksi kepedulian hewan jangan disetop,” tegasnya.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
33o
Kurs