Kamis, 2 Mei 2024

5 Film Bertema Nasionalisme untuk Meriahkan HUT ke-78 RI

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ario Bayu aktor memerankan Soekarno dalam film Soekarno (2013). Foto: IMDB

Dalam menyambut peringatan HUT ke-78 RI, terdapat film-film yang mengisahkan berbagai peristiwa bersejarah di Indonesia untuk membangkitkan jiwa nasionalisme.

Film-film itu mengangkat cerita heroik, semangat gotong royong, serta cinta tanah air yang kokoh.

Melansir Antara pada Kamis (17/8/2023), berikut merupakan beberapa film yang dirilis 10 tahun terakhir yang bisa memeriahkan perayaan momen bersejarah Hari Kemerdekaan Indonesia.

1. “Soekarno” (2013)
Film itu menceritakan perjalanan hidup Soekarno alias Bung Karno, Presiden pertama Republik Indonesia, saat berupaya memerdekakan Indonesia. Film itu berhasil menunjukkan semangat Beliau dalam melepaskan Indonesia dari genggaman pnejajah.

Film besutan sutradara Hanung Bramantyo itu menampilkan sederet artis papan atas, diantaranya Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, dan Agus Kuncoro.

Poster film Soekarno (2013). Foto: IMDB

2. “Buya Hamka” (2023)
Haji Abdul Malik Karim Amrullah, atau yang biasa dikenal dengan Buya Hamka, merupakan seorang cendekiawan muslim yang juga merupakan seorang ulama, sastrawan, dan wartawan yang berpengaruh pada masanya.

Ceritanya dituangkan dalam film itu dalam bentuk biografi yang disutradarai Fajar Bustomi serta dibintangi oleh Vino Bastian, Laudya Cynthia Bella, Donny Damara, Desy Ratnasari, dan Ben Kasyafani.

Poster Film Buya Hamka (2023). Foto: IMDB

3. “Kartini” (2017)
“Kartini” menceritakan perjuangan Raden Ajeng Kartini, seorang pahlawan nasional, dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan pada zaman kolonial, menjadi inspirasi bagi semangat kesetaraan dan keadilan.

Film karya Hanung Bramantyo itu dibintangi Dian Satsrowardoyo, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, dan Reza Rahardian.

Poster Film Kartini (2017). Foto: IMDB

4. “Guru Bangsa: Tjokroaminoto” (2015)
Melalui film berjudul “Guru Bangsa: Tjokroaminoto,” Garin Nugroho sutradara mengangkat kisah perjuangan dan keberanian Tjokroaminoto, pendiri organisasi Budi Utomo yang memainkan peran krusial dalam perjuangan menentang penjajahan Belanda.

“Guru Bangsa: Tjokroaminoto” menampilkan berbagai aktor dan aktris ternama, seperti Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang, Egi Fedly, dan Sujiwo Tedjo, seorang budayawan.

Poster Film Guru Besar Tjokroaminoto (2015). Foto: IMDB

5. “Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta” (2018)
Dalam film tersebut, diceritakan tentang perjuangan Sultan Agung Hanyokrokusumo, penguasa Kesultanan Mataram yang memimpin antara tahun 1613-1645, melawan kolonialisme Belanda.

Film ini menggambarkan semangat keberanian dan tekad Sultan Agung dalam menjaga keutuhan Tanah Air dari praktik curang yang dilakukan oleh Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC).

Hanung Bramantyo sekali lagi dipilih untuk menjadi Sutradara film ini yang diperankan oleh Ario Bayu, Marthino Lio, Adinia Wirasti, Putri Marino, Teuku Rifnu Wikana, dan Hans de Kraker.

Poster film Sultan Agung: Tahta Perjuangan dan Cinta (2018). Foto: IMDB

Di samping memberikan hiburan, menonton film-film ini juga menghidupkan semangat nasionalisme dalam diri kita. Mari peringati hari kemerdekaan dengan memperkuat rasa cinta kita pada Indonesia melalui cerita-cerita inspiratif tentang pahlawan-pahlawan dan tokoh luar biasa Tanah Air. (ant/bnt/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs