Kamis, 9 Mei 2024

5 Kebiasaan di Dapur yang Harus Diperhatikan untuk Cegah Kebakaran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Salah satu relawan dapur umum di Masjid Al-Akbar, Surabaya menyiapkan makanan untuk nantinya akan dibagikan saat berbuka puasa, Minggu (26/3/2023). Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Ketika memasak di dapur ada banyak kebiasaan yang ternyata sangat berbahaya, bahkan bisa memicu kebakaran.

Dilansir dari Antara pada Kamis (12/10/2023), Susan McKelvey dari National Fire Prevention Association (NFPA) menyebutkan lima kebiasaan yang bisa memicu kebakaran. Oleh karena itu, kelima kebiasaan ini harus dihentikan.

1. Meninggalkan kompor atau oven
Jika Anda memiliki sesuatu yang mendidih di atas kompor atau memanggang di dalam oven, mungkin tergoda untuk membiarkannya sambil melakukan pekerjaan lain di rumah. McKelvey menyatakan bahwa ini tidak boleh dilakukan.

“Memasak tanpa pengawasan sejauh ini merupakan penyebab utama kebakaran rumah dan kematian akibat kebakaran itu,” ujarnya.

2. Meninggalkan benda mudah terbakar dekat api
Meletakkan sarung tangan oven di dekat Anda memang memudahkan. Tetapi meletakkannya di samping kompor akan menimbulkan bencana.

Sebaiknya simpan barang-barang ini di tempat yang jauh. Jika sudah selesai menggunakan kertas atau pembungkus plastik saat memasak, segera buang barang-barang tersebut untuk menghindari bahaya kebakaran lainnya.

Simpan segala sesuatu yang bisa terbakar, seperti lap piring, sarung tangan oven, kemasan makanan, dan tisu, setidaknya satu meter dari kompor dan peralatan memasak.

3. Kompor listrik tidak selalu aman
Meski bukan api terbuka, namun jika Anda mengira kompor listrik lebih aman dibandingkan kompor gas, maka itu merupakan anggapan yang salah.

Perapian atau kompor tanam terlibat dalam 53 persen kebakaran yang dilaporkan saat memasak di rumah, 88 persen kematian akibat kebakaran saat memasak, dan 74 persen cedera akibat kebakaran saat memasak.

McKelvey mengatakan jika rumah tangga yang menggunakan kompor listrik memiliki risiko lebih tinggi terhadap kebakaran saat memasak dan kerugian terkait dibandingkan rumah tangga yang menggunakan kompor gas.

4. Jangan menghadapkan gagang panci ke arah badan
Gagang panci bisa menghalangi kegiatan memasak dan menyebabkan kemungkinan besar panci atau wajan terjatuh.

Selain itu, jika terjadi kebakaran yang disebabkan minyak, Anda mungkin secara naluriah mengambil pegangan untuk membawanya ke wastafel tapi jangan lakukan itu.

5. Jauhkan anak kecil dan hewan peliharaan dari dapur
Ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun demi keselamatan seluruh keluarga, McKelvey menyarankan untuk menjauhkan anak kecil dan hewan peliharaan dari dapur saat Anda memasak. (ant/and/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
31o
Kurs