Rabu, 8 Mei 2024

Anak Bisa Dilatih untuk Memilih sejak Usia 18 Bulan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi kegiatan bersama orang tua dan anak. Foto : Antara

Dokter Yuni Astria anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut anak-anak bisa mulai diajari memilih sejak usia 18 bulan hingga tiga tahun, dengan didahului pilihan-pilihan yang mudah.

“Ini kelihatannya sederhana tetapi perlu dilatih. Kita melatih suatu kemampuan untuk melakukan aktualisasi, value, dan dilatih dari sedini mungkin, 18 bulan sampai tiga tahun,” ujar dilansir Antara pada Kamis (27/7/2023).

Yuni memberi contoh, orang tua dapat meminta anak memilih lauk makan siang antara ayam atau ikan. Lalu bertanya pilihan warna sepatu merah atau biru untuk dikenakan hari ini.

Pada prinsipnya, orang tua harus memberikan pilihan yang mereka setujui dan bukan merupakan pilihan dengan jawaban ya atau tidak.

“Jangan beri pilihan yang jawabannya ya atau tidak. Misalnya, ‘kamu mau makan atau enggak?’ Kalau dijawab tidak, bagaimana? Pilihan itu yang berada dalam koridor kita setuju,” kata Yuni

Dia berpendapat, memberikan pilihan pada anak merupakan bagian dari pengasuhan orang tua pada anak mereka. Ini juga menjadi kebutuhan primer anak yang harus dilengkapi termasuk imunisasi.

Tak hanya pengasuhan, anak juga harus diberikan asih dan asah yang kuat. Asih yakni memberikan pujian, dukungan ketika anak bisa melakukan sesuatu walaupun bukan sesuatu yang kompleks.

Sementara asah yakni memberikan anak stimulasi setiap saat dan terus menerus demi perkembangan motorik kasar dan halus, sosial dan bahasa mereka. Stimulasi dilakukan perlahan dan tanpa unsur paksaan terhadap anak.

“Kadang kita berhenti di asuh. Sudah cukup kebutuhan finansial untuk anak, saya beli mainan, makanan, asuh cukup. Yang lain-lain akhirnya lebih banyak menatap gawai,” tuturnya.

Dia menambahkan, pemberian asah, asih dan asuh yang kuat pada anak ini agar nantinya mereka dapat menjadi generasi pemimpin, mandiri dan percaya diri yang mumpuni. (ant/dvn/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs