Minggu, 28 April 2024

Apple Tengah Negosiasi Penggunaan AI dengan Penerbit Berita

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi. Logo Apple di Apple Store di Palo Alto, California. Foto: Reuters

Raksasa teknologi Apple beberapa pekan belakangan ini sedang bernegosiasi dengan penerbit berita supaya bisa menggunakan materi mereka untuk pengembangan artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) generatif.

Melansir Antara pada Minggu (24/12/2023), Apple melaporkan kesepakatan multitahunan sekurang-kurangnya 50 juta Dolar Amerika Serikat (AS) untuk lisensi arsip berita.

Penerbit berita yang dikontak Apple, menurut laporan The New York Times antara lain adalah grup Conde Nast (Vogue dan The New Yorker), NBC News, IAC (People, The Daily Beast dan Better Homes and Gardens).

Sejumlah penerbit yang berdiskusi dengan Apple dikabarkan tidak begitu antusias dengan penawaran tersebut. Namun Apple tidak memberikan komentar atas isu tersebut.

Raksasa teknologi seperti Apple belakangan ini secara agresif berinvestasi untuk integrasi AI generatif. Produsen iPhone tersebut menggunakan AI untuk memperbaiki fungsi dasar gawai keluaran mereka.

Pada Oktober 2023, Apple merilis laptop MacBook Pro dan komputer iMac yang mereka sebut bisa digunakan oleh peneliti AI. (ant/and/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs