Kamis, 28 Maret 2024

Arkeolog Menemukan Mumi Tertua dan Terlengkap di Makam Firaun

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Tim arkeologi saat meneliti mumi di makam Firaun. Foto: Reuters

Tim ahli arkeologi Mesir menemukan sebuah makam Firaun di dekat ibu kota Kairo yang berisi mumi tertua dan “terlengkap” yang belum pernah ditemukan di negara itu.

Zahi Hawass kepala tim penggalian mengatakan, mumi berusia 4.300 tahun itu ditemukan di dasar lubang sepanjang 15 meter di kelompok makam dinasti kelima dan keenam, yang baru-baru ini ditemukan di dekat Piramida Bertingkat di Saqqara.

Mumi seorang pria bernama Hekashepes, berada di sarkofagus batu kapur yang telah disegel dalam lesung.

“Mumi itu mungkin merupakan mumi tertua dan terlengkap yang ditemukan di Mesir hingga saat ini,” kata Hawass, salah satu mantan menteri barang antik Mesir, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Antara, Minggu (29/1/2023).

Di antara makam lain yang ditemukan adalah milik Khnumdjedef, seorang inspektur pejabat, pengawas bangsawan dan seorang pendeta pada masa pemerintahan Unas, firaun terakhir dari dinasti kelima. Makam itu dihiasi dengan adegan kehidupan sehari-hari.

Makam lain itu adalah milik milik Meri, penjaga rahasia dan asisten pemimpin besar istana.

Masih menurut pernyataan tersebut, banyak patung ditemukan di antara makam, termasuk satu yang mewakili seorang pria dan istrinya serta beberapa pelayan.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Museum Mesir Pamerkan Mumi Menjerit


Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs