Minggu, 5 Mei 2024

Buka Pameran Tosan Aji di Balai Pemuda Surabaya, LaNyalla: Keris adalah Jati Diri Bangsa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua DPD RI (putih) memegang salah satu keris yang dipamerkan Pameran Seni Tosan Aji Reinkarnasi Majapahit yang diselenggarakan Yayasan Keluargi Ageng Condro Budaya Aji Nuswantara, di Gedung Balai Pemuda Surabaya, Rabu (8/11/2023). Foto: Istimewa

AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua DPD RI menyatakan keris adalah jati diri bangsa Indonesia. Sebab, keris sudah ada sejak ribuan tahun lalu seiring dengan perkembangan peradaban bangsa ini dan hal itu tertulis dalam banyak prasasti yang ada di Indonesia.

Hal itu disampaikannya, waktu membuka Pameran Seni Tosan Aji Reinkarnasi Majapahit yang diselenggarakan Yayasan Keluargi Ageng Condro Budaya Aji Nuswantara, di Gedung Balai Pemuda Surabaya, Rabu (8/11/2023).

“Tidak sedikit sejarawan yang telah melakukan penelitian dan penulisan tentang keris di Nusantara ini. Dan keberadaan keris di Nusantara dapat dibuktikan secara arkeologis melalui sejumlah prasasti yang ditemukan,” kata LaNyalla dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net.

Setidaknya, lanjut LaNyalla, ada 11 prasasti yang dibuat antara abad VII hingga IX masehi, yang meriwayatkan keberadaan keris Nusantara ini. Mulai dari Prasasti Tukmas di tahun 842 masehi, hingga Prasasti Sanggaran di tahun 928 masehi.

“Oleh karena itu, keputusan UNESCO yang menetapkan keris Indonesia sebagai Karya Agung Warisan Kemanusiaan pada tahun 2005 silam, sudah tepat,” ujarnya.

Sementara terkait keris yang sering disakralkan, LaNyalla yang merupakan Ketua Dewan Pembina Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) itu mengingatkan agar cermat dalam memandang. Menurutnya, setiap benda bisa membawa manfaat, bisa membawa mudharat.

“Allah SWT sudah mengingatkan kita. Bahwa iblis dan syaitan akan terus berusaha membelokkan kita ke dalam kemusyrikan sampai hari kiamat nanti. Salah satunya bisa melalui benda-benda yang diagungkan oleh manusia. Bukan hanya keris. Bisa apa saja,” tutur Senator asal Jawa Timur (Jatim) itu.

Bagi LaNyalla sebagai pribadi pelestari dan kolektor keris, dia menyadari setiap benda memiliki unsur yang terdiri dari molekul. Semua molekul itu bisa mengandung unsur positif, juga bisa negatif. Tergantung bagaimana situasi dan kondisi.

“Sebagai muslim, saya meyakini firman Allah dalam Al-Quran yang menyebutkan bahwa alam dan isinya berzikir kepada Allah SWT. Pohon, tumbuhan, gunung, bahkan batu sekalipun. Artinya ada gerakan molekul di dalamnya. Begitu juga dengan keris pusaka. Yang rata-rata dibuat dari batuan meteorit itu,” papar pemilik 3000-an keris itu.

Dijelaskannya, ada tiga unsur penting dari keris pusaka. Pertama, bahan, kedua adalah pembuatnya atau empunya dan yang ketiga yaitu pemegangnya. Kalau ketiganya positif, maka keris tersebut juga bagus. Itulah yang disebut keris ber-Yoni.

“Namun yang paling penting, kita atau manusialah yang menguasai benda itu. Artinya, keris semata sebagai sarana atau alat untuk mencapai tujuan. Persis seperti Firman Allah SWT di Surat Al-Hadid, ayat 25, yang mengatakan bahwa Allah menurunkan besi sebagai penolong, dalam membela agama Allah,” tegas dia.

Sementara Andi Budi Sulistiyanto selaku Ketua Panitia Pameran dalam sambutannya, mengatakan masyarakat Jatim baik pejabat maupun rakyatnya, tidak boleh melupakan sejarah Majapahit. Karena Jatim sendiri, mendapatkan warisan peradaban berupa nilai-nilai dan simbol-simbol luar biasa dari keberadaan Majapahit.

“Jadi sebagai Ketua DPD, Pak LaNyalla tidak hanya memperhatikan masyarakat daerah tetapi beliau sangat konsen dalam bidang budaya. Selain kolektor keris, beliau juga sudah keliling ke seluruh kerajaan dan kesultanan Nusantara untuk memajukan eksistensi mereka,” ucap Gus Andi sapaan akrabnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs