Senin, 29 April 2024

Cara Berkendara yang Agresif Perpendek Umur Transmisi Kendaraan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Merawat transmisi kendaraan tidak hanya sekadar memberikan perawatan berkala saja, tapi cara berkendara sehari-hari juga sangat menentukan umur dari transmisi kendaraan yang dimiliki.

Zaidi Mohammed, pakar transmisi dari Malaysia yang juga sekaligus pendiri JV Autolube mengatakan bahwa permasalahan transmisi di negara itu terbanyak datang dari konsumen wanita.

“Permasalahan yang kerap dialami oleh pengguna wanita itu di bagian transmisi, itu kerap kali terjadi di pasar otomotif Malaysia. Ini bukan sekadar omong kosong,” kata Zaidi di Jakarta, seperti dilaporkan Antara, Kamis (9/2/2023).

Berdasarkan pengamatannya, cara berkendara wanita lebih agresif dan agak lebih kasar dibandingkan cara laki-laki sehingga menyebabkan permasalahan transmisi lebih banyak dialami oleh kaum hawa.

Contoh cara berkendara yang agresif adalah menginjak pedal lebih dalam ketika menjumpai lampu hijau. Laki-laki, menurut Zaidi, lebih rileks ketika melajukan kendaraan setelah terlepas dari lampu merah.

Zaidi menganjurkan pengendara yang mengemudikan mobil secara agresif untuk mengubah kebiasannya. Cara berkendara yang baik, selain memberi efek positif bagi pengemudi, juga berdampak baik bagi komponen transmisi.(ant/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs