Senin, 29 April 2024

East Java Fashion Harmoni 2023 Suguhkan Beragam Busana Karya Desainer Terkemuka

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ivan Gunawan desainer asal Jakarta yang menjadi guest desainer dalam ajang East Java Fashion Harmoni 2023 yang berlangsung di Taman Candra Wilwatikta, Kabupaten Pasuruan, Jumat (3/11/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net Ivan Gunawan desainer asal Jakarta yang menjadi guest desainer dalam ajang East Java Fashion Harmoni 2023 yang berlangsung di Taman Candra Wilwatikta, Kabupaten Pasuruan, Jumat (3/11/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sebanyak 41 model profesional memeragakan beragam busana batik dan tenun karya delapan desainer terkemuka dalam pagelaran East Java Fashion Harmoni 2023 yang berlangsung di Taman Chandra Wilwatikta, Kabupaten Pasuruan di Jawa Timur (Jatim), Jumat (3/11/2023) malam.

Para pembuat busana itu terdiri dari lima orang desainer terpilih yang lolos uji kompetensi, serta memiliki sertifikasi profesi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Lima desainer itu adalah Enricho Ho, Indarti, dan Olivia Gondoputranto asal Kota Surabaya. Kemudian Chrisna Christiana asal Kabupaten Nganjuk dan Amuszacky Fahim Kabupaten Banyuwangi.

Kemudian guest desainner ada Elfa Fauqo dan Arinda Nurma dari Surabaya. Hingga Ivan Gunawan dari Jakarta yang menjadi sorotan dalam panggung megah East Java Fashion Harmoni 2023.

Para desainer juga berkolaborasi dengan 12 wastra terpilih yang menampilkan produk lokal Jatim dalam merancang busana untuk dipamerkan dalam event ini.

Selama peragaan busana berlangsung, ratusan mata penonton terpaku dengan aksi para model saat melenggang di atas panggung. Koreo musik yang menyesuaikan tema dan filosofi busana, sangat membantu penonton untuk menikmati fashion show ini.

Suasana megahnya panggung East Java Fashion Harmoni 2023 menarik perhatian masyarakat Kabupaten Pasuruan, Jumat (3/11/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Gelaran East Java Fashion Harmoni 2023 mengusung tema Raswa Anindya Lantih Lan Batik Jawi Wetan, yang bermakna “Rahasia Kecantikan Tenun dan Batik Jawa Timur.”

Dalam kesempatan itu Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jatim dalam sambutannya menyampaikan, kesenian batik dan tenun merupakan “Warisan Budaya Takbenda” yang diakui Unesco dan dimiliki oleh Jatim.

Warisan kebudayaan batik dan tenun ini, lanjut Emil, merupakan keunggulan komparatif masyarakat Jatim yang patut terus dijaga dan dilestarikan.

“Kita punya warisan yang tidak dimiliki bangsa lain di antaranya warisan budaya, itu yang memberi nilai. Makanya cepat-cepat kita klaim kain batik, kain tenun ini merupakan karya warisan turun-temurun yang hanya ada di Indonesia,” ucap Emil.

Para desainer East Java Fashion Harmoni 2023 mendapat penghargaan dari Emil Elestianto Dardak Wagub Jatim, Jumat (3/11/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Wagub Jatim itu berharap, melalui gelaran East Java Fashion Harmoni ini, nilai kebudayaan batik dan tenun asli Jatim bisa semakin meningkat dan menjamin keberlangsungan hidup para pengrajin.

Untuk diketahui East Java Fashion Harmoni telah terdaftar dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) yang dinaungai Kemenparekraf RI.(wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs