Sabtu, 20 April 2024

Film Asia dan Karakter Perempuan Mulai Beragam dan Diakui Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sejumlah sineas dari berbagai negara di Asia Tenggara hadir pada acara “Reflections of Me” di Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2023). Foto: Antara

Sineas sejumlah negara di Asia Tenggara (ASEAN) menyebut film Asia beserta peran karakternya (terlebih perempuan), kini mulai beragam dan diakui dunia.

Para pelaku industri film itu mengatakan selama ini, karakter perempuan Asia dalam film kerap digambarkan pada posisi derajat yang lebih rendah. Sementara pada film barat, karakter orang Asia sangat berdasar pada stereotip bahkan hanya sebagai pelengkap.

“Dahulu, karakter wanita Asia pada film barat kebanyakan kita temukan sosok seorang ibu konservatif, atau, seorang anak perempuan yang memberontak dari keluarganya,” kata Manatsanun Phanlerdwongsakul aktris asal Thailand, Kamis (16/3/2023) seperti dikutip Antara.

Pada acara bincang-bincang “Reflections of Me” yang diselenggarakan oleh Netflix di Jakarta, aktris yang membintangi serial “The Cave Rescue” itu mengatakan, penulis yang berani mengubah fenomena ini mulai bermunculan di negaranya.

“Saya rasa sekarang industri film sudah mulai terbuka dalam eksplorasi karakter perempuan Asia,“ ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Anu Chopra Kritikus Film dari India menambahkan sosok karakter Asia utamanya perempuan yang dikemas pada film-film, bisa berdampak kurang menguntungkan pada kehidupan nyata perempuan, seperti adanya label wanita sempurna dan tidak.

“Di Bollywood, wanita digambarkan sebatas menjadi properti milik laki-laki, kebanyakan wanita hanya menyanyi dan menari di pelukan mereka,” kata dia.

Kabar baik, hal ini perlahan mulai mengalami perubahan. Selain sosok perempuan, film-film dari Asia mulai menguasai pasar global dan menarik perhatian Hollywood.

Hal ini disampaikan Eirene Tran Donohue penulis dari Vietnam. Wanita yang besar di Amerika itu menyebut, kesuksesan film Asia saat ini sangat berdampak dan mampu merubah dunia penulisan naskah cerita internasional.

“Saya ingat ketika film ‘Crazy Rich Asians’ dan ‘Squid Game’ dirilis kemudian membludak, tiba-tiba saja industri film di Hollywood tertarik dengan kisah-kisah Asia,” ujar Eirene.

Penulis “A Tourist’s Guide to Love” itu mengatakan, aspek kesuksesan finansial suatu film juga menjadi pertimbangan utama sineas global untuk memproduksi kisah dari Asia, selain pelaku film Asia yang juga semakin kreatif dan bersaing secara kualitas karya.

“Hollywood juga sekarang sudah menaruh perhatian pada isu ini, bahkan sekarang bukan hanya film, mereka juga sudah mengakui musik-musik Asia, seperti contohnya K-Pop yang sangat luar biasa besar,” tambahnya.

Adapun Kamila Andini sutradara asal Indonesia, turut memberikan pengamatannya pada isu ini. Selain aspek bisnis, Sutradara serial “Gadis Kretek” itu menyebut, masyarakat global semakin hari semakin mampu menerima perbedaan satu sama lain, termasuk budaya antar ras dan negara.

“Saya senang sekarang banyak orang yang mampu menerima perbedaan budaya, itu terlihat dari maraknya film-film dan serial yang menyuguhkan perbedaan ini, mereka menganggap perbedaan adalah hal unik dan menarik,” kata dia.

Ke depan, Eirene, Manatsanun, Anu Chopra, dan Kamila mengaku optimis melihat lebih banyak orang Asia yang memiliki kekuatan dan terlibat dalam industri ini, untuk akhirnya dapat menyuarakan ‘diskriminasi’ orang Asia, utamanya perempuan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs