Sabtu, 27 April 2024

Film Barbie Akhirnya Tayang di Jepang Setelah Heboh Dikaitkan dengan Bom Atom

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Warga Jepang melintas di depan poster promo film Barbie di Tokyo, Kamis (3/8/2023). Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon.

Film Barbie akhirnya tayang di bioskop-bioskop di Jepang hari ini, Jumat (11/8/2023). Film bertema boneka yang dihubungkan dengan bom atom karena meme ‘Barbenheimer’ itu sempat bikin geger Jepang dan membuat distributor Warner Bros meminta maaf terlebih dahulu jelang peluncurannya.

Mengutip Reuters, tiket untuk menonton film Barbie yang dibintangi oleh Margot Robbie sebagai pemeran utama, terjual dengan cepat di Jepang. Penggemar berbondong-bondong ke bioskop yang bertepatan dengan hari libur musim panas Jepang.

“Dunia pink Barbie benar-benar indah,” kata Misaki Suzuki, 29 tahun, pekerja salon kuku, setelah menonton film tersebut di bioskop Tokyo.

Sekadar diketahui, film Barbie tayang bersamaan dengan Oppenheimer, film biopik yang bercerita tentang bapak bom atom dunia; J. Robert Oppenheimer, yaitu pada 21 Juli 2023. Kombo dua film tersebut kemudian dikenal sebagai ‘Barbenheimer’, menjadi tagar, dan menghiasi trending media sosial.

Namun begitu, ‘Barbenheimer’ justru memicu reaksi di Jepang, karena negara itu awal bulan ini menandai peringatan bom atom AS di Hiroshima dan Nagasaki 78 tahun lalu.

Pasalnya, dalam unggahan yang sudah dihapus di Twitter/X, akun pemasaran Warner Bros. (studio film barbie) mengaitkan meme dengan sosok Margot Robbie, pemeran utama Barbie, dan Cillian Murphy, pemeran utama Oppenheimer, di samping ledakan nuklir.

Petisi Change.org yang diluncurkan pada 1 Agustus 2023 lalu menuntut Warner Bros dan Universal Pictures (studio film Oppenheimer) agar menghentikan tagar #Barbenheimer di media sosial. Petisi itu telah mengumpulkan sekitar 22.600 tanda tangan hingga berita ini diturunkan.

Meski demikian, belum ada tanggal rilis Jepang yang diumumkan untuk film Oppenheimer. Film itu telah dikritik banyak pihak karena mengabaikan penghancuran dua kota besar Jepang oleh bom atom pada 1945, yang menyebabkan lebih dari 200.000 kematian.(ham/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs