Kamis, 2 Mei 2024

India Jadi Negara Pertama yang Mendarat di Kutub Selatan Bulan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Para jurnalis memfilmkan siaran langsung pesawat ruang angkasa India yang mendarat di bulan pada Rabu (24/8/2023). Foto: Associated Press

Pesawat ruang angkasa India menjadi yang pertama mendarat di kutub selatan bulan pada Rabu (23/8/2023). India juga menjadi negara keempat yang mendarat di bulan.

Mendaratnya pesawat ruang angkasa India di kutub selatan bulan itu hanya beberapa hari setelah pesawat pendarat serupa milik Rusia terhempas.

“Ini adalah seruan kemenangan India yang baru,” kata Narendra Modi Perdana Menteri India dilansir Antara pada Kamis (24/8/2023) siang.

“India berada di bulan,” kata S. Somanath kepala Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) saat Chandrayaan-3 mendarat.

India menjadi negara keempat yang berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa di bulan setelah Amerika Serikat, China dan Uni Soviet.

ISRO menyebarluaskan gambar dari pesawat ruang angkasa yang menunjukkan permukaan bulan serta kaki dan bayangan pendarat.

Perlu diketahui, medan yang berat membuat pendaratan di kutub selatan bulan jadi sulit. Namun kandungan es di wilayah tersebut dapat memasok bahan bakar, oksigen, dan air minum untuk misi di masa depan. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs