Kamis, 16 Mei 2024

Kiat Jaga Kualitas Udara dalam Rumah Agar Tetap Steril

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Polusi Udara . Foto: Greenpeace

Udara merupakan komponen penting dalam kehidupan manusia, jika kondisi udara tercemar, otomatis akan mempengaruhi kesehatan orang-orang yang menghirupnya.

Salah satu contohnya, masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya akhir-akhir ini mengalami kekhawatiran akibat polusi udara yang kian memburuk.

Untuk menghindari paparan polusi, sejumlah kantor kembali menerapkan sistem Work from Home (WFH) alias bekerja dari rumah. Perusahaan teknologi bidang konstruksi, Gravel, mengingatkan mereka yang berada di rumah untuk menjaga kualitas udara di rumah demi kesehatan.

“Jangan sampai anda dan keluarga tidak aman dari paparan polusi di dalam rumah sendiri. Segera cek dan pastikan kondisi rumah anda aman,” kata Georgi Ferdwindra Putra CEO dan salah seorang pendiri Gravel di Jakarta, melansir Antara, Sabtu (26/8/2023).

Dia menyarankan masyarakat untuk memasang air purifier atau pemurni udara di rumah, yang bisa ditempatkan di dekat jendela dan ruang keluarga.

Jika ingin membuka pintu dan jendela, dia mengingatkan, hindari membuka berlebihan supaya tidak banyak udara dari luar masuk ke dalam rumah. Selain itu, perhatikan juga waktu untuk membuka pintu dan jendela, sebaiknya ketika polusi udara sedang tidak tinggi.

Jika tinggal di gedung bertingkat di kawasan sibuk, pastikan tidak membuka jendela saat jam-jam sibuk. Lihat keramaian lalu lintas dan aktivitas industri sebelum membuka jendela supaya sirkulasi udara tetap bersih dan sehat.

Udara di dalam ruangan bisa menjadi terlalu jenuh jika terlalu sering menutup pintu dan jendela. Supaya tidak pengap, gunakan kipas exhaust yang bisa membawa udara lembap dan panas ke luar rumah.

Kipas exhaust juga bisa membantu sirkulasi udara tetap berjalan dan mengurangi akumulasi polutan dalam ruangan.

Dia juga menyarankan untuk menggunakan seal (segel) karet pada celah pintu dan jendela untuk membantu menghalangi udara luar yang kotor masuk ke rumah.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan fitur recirculate pada air conditioner (AC), yang akan mengolah udara di dalam rumah untuk disaring dan didinginkan, kemudian masuk lagi ke dalam rumah tanpa mengambil udara dari luar sama sekali. (ant/fra/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
31o
Kurs