Selasa, 23 April 2024

Komunikasi Jadi Kunci Penting Seniman Bisa Sukses di Industri Kecantikan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Aiko stellia Salah satu murid Rever Academy yang menampilkan karya seninya lewat dua model, Kamis (16/3/2023). Foto: Abdi/magang suarasurabaya.net

Tidak cukup hanya dengan menguasai hard skill, terampil dalam soft skill seperti berkomunikasi atau public speaking juga menjadi kunci agar para seniman bisa bertahan dan sukses di industri kecantikan dan fashion.

“Kita juga harus bisa soft skill yaitu komunikasi skill, untuk bisa mem-promote diri kita sendiri,” ujar Marina Adia Indra Artistic Director Rever Academy, saat berada di acara Live Artalase, Surabaya, Kamis (16/3/2023).

Menurutnya, kemampuan tersebut dapat digunakan untuk menginfluence orang lain melalui karya mereka yang unik dan tentunya berciri khas.

Marina juga menjelaskan bahwa dengan membuat konten di sosial media, maka tidak akan ada keterbatasan seorang seniman untuk mengeksplor karyanya.

Ditambah dengan cepat dan berkembangnya perputaran tren di industri kecantikan dan fashion, membuat para seniman tata rias dan rambut harus selalu aktif mengikuti dan ikut berkarya.

“Itu merupakan kebutuhan saat ini. Peluang itu timbul, dari Indonesia bisa lihat yang dari luar negeri, yang luar negeri bisa lihat Indonesia,” tuturnya.

Aktifnya industri kecantikan dan fashion di sosial media, juga menjadi alasan Marina untuk mengubah graduation para murid Rever Academy menjadi acara Live Artalase. Di mana nantinya ada sembilan murid yang akan menampilkan karya mereka dalam seni tata rias dan rambut sebagai projek akhir.

“Pada saat pandemi  kita sadari, bahwa sosial media itu berperan penting. Istilahnya Itu orang mau viral sudah tidak perlu (mengadakan) show lagi. Dari sana kita memilih tidak membuat graduation seperti biasanya, tapi kita bikinnya seperti ini,” imbuh Marina.

Dengan Live Artalase juga, kesempatan para murid Rever Academy untuk menampilkan karyanya lewat sosial media menjadi lebih besar ketimbang mengadakan show yang dulu sering mereka adakan, jelas Marina.

“Saya sih berharap mereka bisa menjadi pekerja seni yang sukses dan bisa membawa harum nama bangsa Indonesia ini.  Saya ingin begitu mereka masuk ke dunia kerja, mereka bisa memberikan influence dan kontribusi pada dunia kecantikan Indonesia,” harap Marina kepada murid Rever Academy yang telah lulus.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
28o
Kurs