Senin, 29 April 2024

Menikmati Libur Lebaran di THP Kenjeran, Makan Lontong Kupang dan Naik Perahu

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Wisatawan mengabadikan momen sambil naik perahu wisata THP Kenjeran Surabaya, Senin (24/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran masih menjadi pilihan masyarakat Surabaya dan sekitarnya untuk menikmati masa libur Lebaran 2023.

Pantauan suarasurabaya.net, dua hari pascalebaran, Senin (24/4/2023) ribuan wisatawan memadati semua sudut yang ada di THP Kenjeran. Dengan hanya membayar tiket Rp15 ribu, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di antaranya:

1. Piknik
Ada yang sekedar menggelar tikar di lahan setelah pintu masuk sambil membuka makanan dan minuman yang sudah mereka bawa dari rumah. Ada pula yang membeber karpet di tepi pantai dekat perahu wisata sambil mendengarkan suara sapuan ombak uang sesekali menabrak batuan tebing.

Sambil makan, kerumunan orang yang berjarak hanya satu sampai dua meter satu tikar dengan lainnya itu, bercengkerama dengan rombongan masing-masing.

“Dari Sidoarjo, sudah selesai mudik, ini sama keluarga liburan ke sini karena masih ada hari libur,” ujar Lastri, salah satu wisatawan.

Wisatawan berburu souvenir kerajinan tirai dari kerang hias di THP Kenjeran Surabaya, Senin (24/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

2. Makan Lontong Kupang
Beberapa yang datang tanpa membawa makanan dari rumah, juga tak melewatkan kesempatan untuk mencoba santapan khas Jawa Timur lontong kupang yang dijajakan hampir semua stan penjual kuliner di THP Kenjeran.

“Cuma sama teman-teman aja sudah lama gak ke sini, ternyata sekarang beda lebih bagus, sama kangen makan lontong kupang,” kata Ananto.

Lontong kupang, makanan khas Jawa Timur yang banyak diburu saat berlibur di THP Kenjeran Surabaya, Senin (24/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

3. Beli Souvenir Kerang Hias
Meski mayoritas warga Surabaya, ada beberapa pengunjung yang berasal dari luar kota sekitar, mulai Sidoarjo, Mojokerto, hingga Jombang.

Beberapa wisatawan nampak memadati lapak penjual souvenir dan memburu kerajinan kerang hias untuk oleh-oleh atau sekedar kenang-kenangan usai berkunjung ke THP Kenjeran.

“Cuma beli tirai kerang aja buat di kamar, kan khasnya Kenjeran penghasil kerang,” ujar Hasanah.

Wisatawan berburu souvenir kerajinan tirai dari kerang hias di THP Kenjeran Surabaya, Senin (24/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

4. Naik Perahu Wisata
Jika masih ada yang kurang puas dengan memandangi pantai dari tepi, pengunjung bisa menikmati perahu wisata THP Kenjeran.

Hanya merogoh kocek Rp10 ribu per orang, selain tiket masuk utama, wisatawan akan diajak berkeliling ditengah pantai mencapai 10 kilometer dari tepi.

Sepanjang perjalanan kurang lebih 15 menit, mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan laut lepas, Jembatan Suroboyo yang membentang, juga bocah-bocah sekitar yang berenang menikmati air pantai.

“Ini pertama kali, dan murah sih cuma Rp10 ribu. Meski naiknya siang pas panas banget, tapi kan ada tutupnya atasnya jadi senang aja, banyak angin, sejuk,” kata Maharani.

5. Mendengarkan Pertunjukan Musik
Usai naik perahu wisata, jika masih belum ingin pulang, pengunjung bisa menikmati pertunjukan musik band keroncong secara langsung tepat di tepi pantai dan pos pantau petugas pengelola.

Wisatawan bisa menggelar tikar lagi dibawah rindangnya pepohonan THP Kenjeran sambil mendengarkan alunan musik.

Meski liburan, Umar Faruq Koordinator Pengamanan UPTD THP Kenjeran meminta wisatawan mengawasi anggota keluarganya yang bermain di tepi pantai, terutama anak-anak.

“Kita langsung sampaikan, biasanya tadi pagi supaya mengawasi yang lagi bermain di tepi pantai dan membuang sampah di tempatnya. (Meski) ada Polairud juga di lokasi. Ini waktunya ramai. Keramaian jam dua siang,” ujar Faruq di lokasi.

Untuk harga tiket selam Lebaran dibanderol Rp15 ribu mulai 19-25 April. Setelahnya akan kembali normal yaitu Rp10 ribu hari biasa dan Rp15 ribu saat akhir pekan Sabtu dan Minggu. Bagi balita dengan tinggi di bawah 85 cm gratis. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs