Minggu, 3 Maret 2024

Meta Akan Menutup Messenger Lite September Nanti

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Logo perusahaan Meta. Foto: TechCrunch

Messenger Lite, versi ringan dari Messenger, tidak lagi akan tersedia bagi pengguna baru di Google Play Store dan tidak akan tersedia lagi bagi pengguna lama mulai tanggal 18 September.

“Mulai 21 Agustus, orang-orang yang menggunakan aplikasi Messenger Lite untuk Android akan diarahkan ke Messenger atau FB Lite untuk mengirim dan menerima pesan di Messenger,” kata juru bicara Meta dilansir TechCrunch, Jumat (25/8/2023).

Meta, yang dikenal sebagai Facebook pada saat itu, memperkenalkan Messenger Lite untuk Android pada tahun 2016 untuk pengguna dengan perangkat Android dengan spesifikasi yang minim. Aplikasi ini hanya menawarkan fitur-fitur inti Messenger untuk menghemat ruang penyimpanan dan daya pemrosesan.

Messenger Lite juga tersedia untuk IOS, namun telah ditutup pada 2020 lalu.

Menurut perusahaan analisis seluler data.ai, versi Lite dari aplikasi ini memiliki jumlah unduhan gabungan yang diperkirakan mencapai sekitar 760 juta di seluruh dunia, dengan India sebagai negara dengan jumlah unduhan terbesar, diikuti oleh Brasil dan Indonesia.

Berita ini muncul ketika Meta baru-baru ini mengumumkan bahwa Messenger akan menghentikan dukungan SMS bulan depan. Perusahaan ini memberi tahu pengguna bahwa mereka tidak lagi dapat menggunakan Messenger untuk mengirim dan menerima pesan SMS yang dikirim oleh jaringan seluler pengguna ketika pengguna memperbarui aplikasi Anda setelah 28 September 2023.”

Di sisi lain, pada awal pekan ini, Meta mengatakan berencana untuk mengaktifkan enkripsi end-to-end secara default untuk Messenger pada akhir tahun ini. (bnt/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
26o
Kurs