Selasa, 27 Februari 2024

Pakar Kesehatan UI Anjurkan Anak Konsumsi Ini untuk Bantu Lawan Pneumonia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Nastiti Kaswandani Pakar Ilmu Kesehatan Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengatakan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif yang dikombinasikan dengan makanan bergizi mampu membantu anak untuk melawan pneumonia.

“Makanan bergizi dan ASI membantu anak melawan penyakit, termasuk pneumonia,” katanya dalam diskusi terkait Mycoplasma pneumonia di Jakarta, Jumat (1/12/2023) dilansir Antara.

Selain itu, untuk dapat membantu anak melawan pneumonia, semua balita hendaknya mendapatkan vitamin A setidaknya dua kali selama setahun yang dapat diperoleh di Posyandu.

Mengurangi polusi asap rumah tangga, tidak merokok dekat anak, serta menjaga kebersihan rumah dengan tetap memperhatikan aliran udara segar dapat mengurangi risiko terjadinya pneumonia pada anak.

“Hindari kontak dengan orang sakit serta lengkapi vaksinasi yang direkomendasikan untuk mencegah pneumonia,” ujar pakar sekaligus Wakil Ketua Kolegium Ilmu Kesehatan Anak Indonesia itu.

Dalam kesempatan tersebut, Nastiti juga menyebutkan berbagai macam gejala pneumonia yang tidak biasa atau atipikal yang salah satu penyebabnya adalah bakteri Mycoplasma pneumonia.

Demam pada awal gejala, batuk sangat signifikan, serta diskongruensi atau ketidaksesuaian gambaran rontgen yang disertai gejala klinis yang baik, kata dia, merupakan sejumlah gejala umum yang kerap dialami.

“Harus dibedakan diskongruensi ini dengan pasien TBC yang juga sering menunjukkan fenomena ini,” pungkas Nastiti sekaligus anggota Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI). (ant/feb)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Selasa, 27 Februari 2024
25o
Kurs