Jumat, 14 Juni 2024

Psikolog Sebut Bernapas Metode 478 Dapat Atasi Kecemasan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi, kecemasan. Foto: jonbarron.org

Yudha Heka Satria Psikolog menyatakan bahwa bernapas dengan menggunakan metode 478 dapat membantu mengatasi kecemasan yang tiba-tiba datang.

“Cobalah bernapas dengan tarikan empat detik, lalu tahan tujuh detik, dan hembuskan selama delapan detik,” katanya pada acara diskusi mengenai cara mengatasi kecemasan yang dilakukan secara daring di Jakarta, saat dilansir dari Antara, pada Sabtu (20/5/2023).

Yudha mengatakan, metode tersebut mampu membantu menenangkan pikiran serta membuat tubuh menjadi rileks ketika perasaan cemas datang secara tiba-tiba.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa upaya untuk menenangkan pikiran juga dapat dibantu dengan visualisasi hal yang membuat pikiran dan jiwa menjadi tenang.

“Misalnya, jika anda menyukai pantai, atau pantai adalah tempat yang membuat kalian tenang, maka coba visualisasikan pantai ke dalam pikiran anda,” ujarnya.

Menurutnya, dengan menenangkan pikiran, dapat membuat fokus kembali hadir dalam pikiran sehingga dapat melanjutkan kegiatan dengan normal.

Selain itu, ia juga menganjurkan untuk memaksimalkan fungsi indera guna membantu menenangkan pikiran dan membuatnya kembali fokus.

“Caranya adalah dengan mencoba melihat sekeliling anda, ada benda apa di sana. Kalau anda melihat jam dan lampu, sebutkanlah. Gunakan indera anda, lihat dan sebutkan setidaknya lima benda,” katanya.

Setelah itu, kata dia, setiap individu bisa mencoba untuk menyentuh benda apapun yang berada di sekitarnya, kemudian merasakan benda apa yang disentuhnya.

Kemudian, setiap individu juga bisa menghirup udara dan mengenali aroma yang dia kenali, serta mendengarkan suara dan mengenali suara apakah itu.

“Selain itu, juga dapat dibantu dengan minum air putih, karena itu melengkapi semua indera supaya pikiran kita dapat kembali fokus,” ujarnya.

Ia juga menyarankan, agar setiap individu tetap bisa mengendalikan emosi dan fokus terhadap tujuan awal agar rasa kecemasan hilang dengan segera.(ant/ris/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
29o
Kurs