Senin, 29 April 2024

Sejarah Hari Dokter Nasional 2023, Diperingati Setiap 24 Oktober

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Hari Dokter Nasional Ilustrasi dokter. Foto: kate.id

Hari Dokter Nasional merupakan sebuah hal penting yang umumnya dirayakan diorganisasi-organisasi kesehatan untuk mengharhai jasa-jasa para dokter kepada masyaraat dan kehidupan individual.

Melansir dari laman Kemenkes, pada 24 Oktober 1950 resmi berdiri dengan dasar hukum yag sah. Hari Dokter Nasional ini juga bertepatan dengan berdirinya organisasi profesi kedokteran IDI yang pemimpin dan anggotanya hanya dokter Indonesia saja.

Seperti yang disebutkan di awal, Hari Dokter Nasional identik dengan IDI telah terbentuk sejak 1950. Namun, IDI sebenarnya lahir sejak 1911 yang saat itu diberi nama Vereniging van Indische Artsen. Kemudian pada 1926, organisasi ini mengalami perubahan nama menjadi Vereniging Van Indonesische Genesjkundigen (VGI).

Pada tahun 1940, VIG mengadakan kongres di Solo yang kemudian menugaskan Bahder Djohan untuk membina dan memikirkan istilah baru dalam dunia kedokteran. Tiga tahun berselang, pada masa pendudukan Jepang, VIG dibubarkan dan diganti menjadi Jawa izi Hooko-Kai.

Selanjutnya pada 30 Juli 1950, atas usul Seni Sastromidjojo, PB Perthabin (Persatuan Thabib Indonesia) & DP-PDI (Perkumpulan Dokter Indonesia) mengadakan satu pertemuan yang menghasilkan “Muktamar Dokter Warga Negara Indonesia (PMDWNI)”, yang kemudian diketuai Bahder Djohan. Puncaknya tanggal 22-25 September 1950, Muktamar I Ikatan Dokter Indonesia (MIDI) digelar di Deca Park yang kemudian diresmikan pada bulan Oktober. Dalam muktamar IDI itu, Sarwono Prawirohardjo terpilih menjadi Ketua Umum IDI pertama.

Dokter memang memiliki perjalanan panjang di Indonesia. Jauh sebelum organisasi IDI terbentuk, dokter-dokter tanah air sudah mencatatkan dirinya sebagai salah satu pejuang kemanusiaan. Nama-nama besar seperti Sutomo, Wahidin Sudirohusodo, Tjipto Mangoenkoesomo, dan nama-nama lainnya tercatat dalam sejarah tak hanya memerangi penyakit namun juga memerangi penjajahan kolonialisme di Indonesia.

Sejak saat itulah pada tanggal 24 Oktober  diperingati sebagai Hari Dokter Nasional dan HUT IDI. (and/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs