Selasa, 3 Oktober 2023

Tips Jaga Kesehatan Mata yang Terlalu Lama Menatap Layar

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Mata tegang hingga mata kering adalah contoh umum yang bisa terjadi sebagai efek dari penggunaan laptop atau komputer yang terlalu lama.

Meskipun kondisi tersebut umum terjadi di kalangan pengguna komputer, bukan berarti tidak dapat dihindari. Berikut tips dan cara menjaga kesehatan mata Anda saat bekerja di depan komputer, dikutip Antara dari Cnet yang disiarkan Jumat (2/6/2023) waktu setempat.

Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata

Pemeriksaan mata secara teratur dapat membantu Anda menghindari masalah yang mungkin muncul akibat bekerja di depan komputer.

Di samping itu, dokter mata juga dapat melakukan tes rutin untuk masalah kesehatan mata lainnya, seperti glaukoma atau katarak, serta gejala diabetes dan tekanan darah tinggi terkait penglihatan.

Ciptakan posisi duduk yang seergonomis mungkin saat bekerja

Posisi duduk yang ergonomis sangat penting diterapkan mengingat Anda duduk di depan komputer hampir sepanjang hari. Layar komputer harus berjarak 20 hingga 28 inci dari mata Anda, dengan bagian tengah layar 4 hingga 5 inci di bawah ketinggian mata.

Penting juga untuk menurunkan tingkat pencahayaan pada layar karena layar yang terlalu cerah dapat menyebabkan ketegangan mata yang signifikan. Pastikan pula ruang kerja Anda cukup terang dan layar Anda tidak lebih terang dari lingkungan sekitarnya.

Lakukan senam mata

Beberapa latihan dapat Anda lakukan untuk meredakan mata yang tegang dan meregangkan otot mata misalnya dengan memutar bola mata selama sekitar satu menit.

Anda juga bisa menggerakkan bola mata secara cepat ke arah atas dan bawah kemudian ke kiri dan kanan sebanyak 10 kali untuk setiap gerakan. Telapak tangan Anda juga dapat dimanfaatkan untuk latihan senam mata dengan meletakkannya secara lembut di atas mata selama dua menit.

Selain itu, sempatkanlah waktu untuk mengedipkan mata secara perlahan dimulai dari menatap lurus ke depan lalu tutup mata selama setengah detik dan buka mata kembali. Ulangi sebanyak 20 kali berturut-turut.

Terapkan aturan “20-20-20”

Aturan ini sangat membantu untuk mengurangi gejala mata tegang. Caranya cukup mudah untuk dilakukan. Setiap setelah 20 menit menatap layar komputer, alihkan pandangan pada objek lain sejauh 20 kaki selama 20 detik.

Gunakan kacamata pemblokir cahaya biru

Mengurangi cahaya biru di malam hari, salah satunya dengan menggunakan kacamata anti-sinar biru, dapat membantu meminimalkan gangguan pada siklus tidur. Dengan begitu, Anda bisa merasakan istirahat yang lebih baik saat malam hari.

Anda juga dapat mengubah pengaturan pencahayaan pada ponsel, tablet, atau perangkat lainnya untuk mengurangi cahaya biru di layar pada malam hari.

Konsumsi makanan yang mendukung kesehatan mata

Mengonsumsi makanan yang dapat mendukung kesehatan mata penting untuk dilakukan sebagai investasi kesehatan jangka panjang. Anda dapat mengonsumsi makanan kaya akan beta-karoten, asam lemak omega-3, zinc, lutein, zeaxanthin, serta vitamin A, C, dan E.

Nutrisi ini dapat mendukung pertumbuhan sel, membatasi radikal bebas yang bersifat merusak, dan mengurangi peradangan pada jaringan mata.

Usahakan tidur malam yang nyenyak

Istirahat yang baik penting untuk mendukung kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh, termasuk mata Anda.

Istirahat yang buruk tidak memberi waktu bagi mata Anda untuk kembali pulih. Kurang tidur juga kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko glaukoma dalam jangka panjang.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terperosok di Parit depan supermarket Jl AR Hakim Surabaya

Anak Bersepeda di Jalan Tol Waru-Juanda

Kemeriahan Karnaval di Mojoagung Jombang

Kecelakaan Mobil Pikap Terbalik di Bunder Gresik

Surabaya
Selasa, 3 Oktober 2023
29o
Kurs