Sabtu, 13 Juli 2024

Tips Makanan Anti Peradangan Kulit yang Dapat Dibuat di Rumah

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi makanan sehat. Foto: Pexels

Banyak hal yang terjadi di dunia modern yang dapat menyebabkan kulit kering dan meradang atau sensitif.

Harold Lancer seorang dokter kulit mengatakan, beberapa penyebab utama peradangan kulit di antaranya adalah polusi, stres, paparan sinar UV, genetika, dan paparan bahan kimia dan alergen termasuk kosmetik.

Dilansir dari Antara, dia menjelaskan bahwa semua elemen ini memicu serangkaian reaksi dalam sistem kekebalan Anda. Jika tubuh Anda tidak cukup kuat untuk melawan, hal ini juga dapat menyebabkan peningkatan peradangan pada kulit.

“Jika Anda tidak merawat kulit dengan benar dengan obat atau bahan topikal anti inflamasi, kulit akan terus bereaksi, gatal, dan mengalami gangguan yang menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan nyeri pada kasus yang parah,” kata Lancer.

Peradangan juga menyebabkan kerusakan kolagen, elastin dan hiperpigmentasi yang menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan. Salah satu cara mengurangi peradangan tanpa obat-obatan adalah mengurangi makanan olahan, atau makanan mengandung gula rafinasi.

Lancer juga menyarankan untuk mengonsumsi kombinasi semua sayur berwarna. Sayur memiliki efek peradangan dan memberi oksigen pada tubuh.

Selain sayur, makanan mengandung omega 3 dan asam lemak yang tinggi dapat meningkatkan kesehatan kulit dan meningkatkan imun tubuh.

Sumber omega 3 bisa dari ikan salmon, sarden dan ikan kakap, bisa juga dari biji chia atau kenari jika menginginkan makanan berbasis tanaman (plant based).

Lancer juga mengatakan protein sangat diperlukan untuk kesehatan kulit. Saat kita menua protein dapat memperbaiki jaringannya, serta membantu kita membangun dan memperbaiki otot.

Jika Anda membuat ayam di rumah, jangan lupa untuk menyimpan tulangnya untuk membuat kaldu anti peradangan yang bisa dijadikan sup, semur, dan bahkan untuk memasak nasi. (ant/mel/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 13 Juli 2024
23o
Kurs