Rabu, 19 Juni 2024

8 Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Kolesterol

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi - Seorang wanita sedang memakan salad. Foto: iStock

Manpreet Kalra Ahli Diet membagikan beberapa tips efektif yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan membuat perubahan sehat dalam pola makan Anda.

Melansir Antara pada Minggu (26/5/2024), kadar kolesterol dapat meningkat terutama karena konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, kelainan genetik, dan faktor gaya hidup seperti merokok, gaya hidup kurang gerak, dan alkohol.

Berikut tips menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh:

  1. Mulailah hari Anda dengan asam lemak omega-3 seperti air biji chia, kenari, dan lain-lain. Mengandung asam lemak esensial yang mengurangi peradangan dan meningkatkan profil lipid.
  2. Nikmati sarapan tinggi serat dan kaya protein seperti oat dan besan cheela dengan parutan ghia. Ini meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat.
  3. Usahakan berjalan kaki 10-15 menit setelah makan. Ini menyeimbangkan kadar gula darah dan meningkatkan profil lipid.
  4. Menambahkan jahe dan bawang putih ke dalam kari dan dal (sup dari kacang-kacangan kering) juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Mereka juga membantu mencegah aterosklerosis, atau penumpukan plak di arteri.
  5. Hindari jajanan olahan seperti keripik dan namkeen. Makanan ini mengandung minyak nabati olahan yang meningkatkan kolesterol.
  6. Batasi konsumsi makanan yang terbuat dari roti seperti kue dan kerupuk. Makanan ini tinggi gula dan mengandung lemak jenuh.
  7. Tambahkan sayuran kaya vitamin B seperti sayuran berdaun hijau, brokoli, dan kacang hijau. Mereka menurunkan kadar kolesterol dan melindungi jantung.
  8. Tambahkan suntikan penurun kolesterol di pagi hari. Selain menurunkan kolesterol, juga menurunkan peradangan. (ant/ike/iss)
Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 19 Juni 2024
28o
Kurs